Mamuju (Antara Sulbar) - Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Habsi Wahid mencanangkan Kecamatan Papalang sebagai salah satu Kampung Keluarga Berencana di daerah itu.

Pencanangan Kampung KB tersebut berlangsung di Dusun Paniki, Desa Bonda, Kecamatan Papalang, Jumat, dengan dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulbar Andi Rita Mariani.

Bupati memaparkan, pada umumnya pemahaman masyarakat mengenai kampung adalah sebuah kawasan kumuh, terbelakang, pendidikan dan kesehatan masyarakat rendah yang juga jauh dari dunia kota.

Sehingga, keberadaan Kampung KB sebagai upaya mengendalikan pertumbuhan penduduk lanjut Bupati akan menjauhkan kesan bahwa kawasan itu kumuh dan terbelakang.

"Inilah yang perlu di pecahkan dengan adanya pencanangan Kampung KB," katanya.

Pencanangan Kampung KB itu menurut Habsi Wahid, untuk memperbaiki desa, kecamatan, kabupaten, provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional.

"Jika kampung itu baik tentu semua warga yang ada di desanya akan sejahtera. Olehnya itu kita ingin menyatukan kekuatan ini untuk bisa setara dengan kecamatan yang sudah mencanangkan Kampung KB dan sudah merealisasikanya dengan baik," ucapnya.

Program Kampung KB tambah Bupati, bukan hanya menjadi tanggung jawab Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulbar, tetapi juga harus melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk turut membantu segala kebutuhan masyarakat, utamanya yang ada di kampung KB seperti pembangunan desa, kesehatan masyarakat, hingga data-data kependudukan yang belum dimiliki itu harus terselesaikan.

"Saya juga sangat terpanggil untuk mengubah kualitas hidup masyarakat agar lebih baik. Saya sampaikan juga kepada Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) agar Dusun Paniki menjadi pusat binaannya artinya 10 program PKK harus dilaksanakan di kampung ini," terang Habsi Wahid.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulbar Andi Rita Mariani mengatakan, pembentukan Kampung KB merupakan salah satu program yang mendukung Nawacita pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Pencanangan Kampung KB terus digalakkan di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Mamuju. Kecamatan Papalang merupakan kecamatan kesembilan di Kabupaten Mamuju yang dicanangkan sebagai Kampung KB sehingga saat ini tersisa dua kecamatan lagi yang akan dilakukan pencanangan yaitu di Kecamatan Kalumpang dan Simboro," terangnya.

Pewarta : Amirullah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024