Makassar (Antara Sulsel) - Perayaan hari ulang tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ke-348 dimeriahkan dengan Lomba Senam Maumere yang digelar 14 - 15 Oktober di rumah jabatan Gubernur Sulsel di Makassar.

"Menang menjadi penting dan sangat penting menjadi menang, karena ini semua adalah prestasi, namun yang penting adalah semangat kebersamaan dan kasih sayang yang terurai dalam Hari Jadi Sulsel ke-348 ini," pesan Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo pada pembukaan lomba tersebut di Makassar, Sabtu.

Dalam sambutannya, Syahrul juga menyampaikan bahwa Sulsel adalah provinsi terbaik di Indonesia. Momentum Hari Jadi Sulsel adalah momentum untuk melakukan aktifitas untuk membangkitkan semangat dan kebersamaan.

"Sulsel tidak boleh kalah dengan provinsi manapun di Indonesia. Oleh karena itu, kita ambil bagian dalam membangun komitmen dan partisipasi dalam merayakan HUT Sulsel, dalam membangkitkan semangat dan kebersamaan kita," ujarnya.

Ia menekankan untuk bersatu padu membangun Sulsel menjadi maju dengan semangat 3M 1B.

"Yaitu Sulsel tiga kali lebih maju, mandiri dan modern dalam kebersamaan," kaya dia.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sulsel, Luthfi Nasir, melaporkan, Lomba Senam Maumere tersebut diikuti sebanyak 34 peserta dari kabupaten/kota, SKPD lingkup Pemprov Sulsel, serta lembaga vertikal yang ada di Sulsel.

Diketahui, Senam Maumere sendiri merupakan senam yang berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sangat tren di berbagai kalangan masyarakat. Senam ini melambangkan kegembiraan, keriangan yang diiringi dengan lagu Gemu Fa Mi Re yang berarti makan not fa mi re, yang merupakan ungkapan jenaka nenek moyang masyarakat NTT.

Dalam kesempatan itu, Syahrul turut melakukan senam bersama Sekda Provinsi Sulsel, Abdul Latif dan beberapa kepala SKPD. Peserta lomba akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai dan hadiah hiburan lainnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024