Makassar (Antara Sulsel) - Karnaval Fashion Sulawesi Selatan "Silk of South Sulawesi" yang mengusung tema kolaborasi menjadi ajang pamer kreativitas bagi 73 tim partisipan dan 1.500 peserta.

"Karnaval ini menjadi wadah promosi produk dan aktualisasi diri bagi para pekerja industri kreatif," kata Ketua Panitia Karnaval Fashion Sulsel Ahmadi Akil yang ditemui di sela penyelenggaraan acara di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan industri kreatif yang berfokus pada penciptaan barang dan jasa yang mengandalkan kreatifitas dan bakat adalah harapan perekonomian Sulsel di masa mendatang.

Karena itu, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan Dekranasda Sulsel menyelenggarakan karnaval ini sekaligus sebagai bentuk pembinaan.

"Kita punya kategori SMA, SMK dan Perguruan Tinggi 18 tim, dan kategori umum 55, total jumlah tim 73," jelasnya.

Even yang digelar di ruas jalan Jendral Sudirman, Makassar, ini juga menghadirkan bintang tamu peserta karnaval dari Bali, Solo, dan Banyuwangi serta pertunjukan Tari Caci dari Nusa Tenggara Timur.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang membuka acara tersebut secara resmi mengatakan Hari Jadi Sulsel ke-348 ini menjadi ukuran kemajuan dan kemandirian Sulsel.

Even ini, kata dia, juga menjadi ajang untuk menampilkan ide desain yang kreatif dan mengaktualisasikannya.

"Ini jadi permulaan, kita berharap industri kreatif kita ke depan semakin maju," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024