Makassar (Antara Sulsel) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merangsang jiwa kreativitas mahasiswa Universitas Muslim Indonesia melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

"Program PKM ini diselenggarakan untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi dan inovasi mahasiswa, memiliki kemampuan dalam pemanfaatan dan implementasi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni)," kata.Kepala Seksi Kreativitas Ditjen Belmawa Kemenristekdikti, Yudi Harianto ST di Makassar, Sabtu.

Selain itu, kata dia, tujuan dari kegiatan ini juga untuk merangsang mahasiswa memiliki kepedulian pada masyarakat, lingkungan dan bangsa, memiliki jiwa wirausaha atau entrepreneurship dan memiliki kemampuan untuk bekerjasama dalam tim maupun kerja mandiri.

"Dan yang lebih diharapkan adalah bagaimana mahasiswa memiliki jiwa entrepreneurship, sehingga ketika sudah sarjana dapat mandiri dan tidak menambah pengangguran," jelasnya.

Wakil Dekan III Fakultas Farmasi UMI Herwin S Farm MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin bidang kemahasiswaan Fakultas Farmasi UMI, dan ini sudah yang keempat.

Dampak dari kegiatan ini sangat positif karena dari tahun ke tahun mahasiswa Fak. Farmasi yang ikut Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) terus bertambah, untuk tahun ini ada 40 proposal khusus Fakultas Farmasi.

Pelatihan seperti ini, kata dia, ternyata tidak hanya berdampak positif bagi mahasiswa Farmasi, tetapi juga berdampak pada mahasiswa UMI secara keseluruhan, karena sudah ada beberapa fakultas yang sudah melakukan pelatihan seperti ini.

Untuk itu, menurut dia, mahasiswa Fakultas Farmasi harus lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas yang ikut PKM, dan jangan hanya terpaku pada kegiatan PMK saja, karena masih banyak lomba-lomba ilmiah yang dapat diikuti baik di dalam maupun di luar negeri.

"Mudah-mudahan pelatihan ini minat mahasiswa untuk ikut program PKM makin meningkat dan berkualitas, karena dampaknya tidak hanya pada mahasiswa dan fakultas, tetapi juga akan memberi nilai positif bagi institusi UMI secara keseluruhan,"ujarnya.

Sementara Ketua Panitia PKM, Ririn, S Farm, Msc menjelaskan jika kegiatan yang berlangsung sehari tersebut diikuti 200 mahasiswa dari berbagai angkatan termasuk angkatan 2017 (mahasiswa baru), baik yang sudah memasukkan proposal maupun yang belum.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024