Makassar (Antara Sulsel) - Kontingen DKI Jakarta mampu meninggalkan cukup jauh para pesaingnya dalam perebutan medali Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XV di Makassar, Sulawesi Selatan, 14-21 Oktober 2017.

"Untuk perolehan medali klasemen sementara Pomnas 2017 menempatkan DKI Jakarta sebagai pemuncak dengan total 15 medali emas, 10 perak dan delapan perunggu," kata Humas Pomnas 2017, Ahmad Bahar di Makassar, Senin

Untuk perolehan medali emas DKI Jakarta tentunya berasal dari beberapa cabang olahraga khususnya renang dan catur sebagai olahraga penyumbang medali emas terbanyak bagi kontingen ibukota.

Seperti halnya untuk renang, kata dia, cabang ini menumbangkan sebanyak enam medali emas. Sementara untuk cabang olahraga catur juga tampil dominan dengan tujuh medali emas.

Selanjutnya emas DKI Jakarta juga bersumber dari cabang olahraga atletik yang telah melaksanakan pertandingan pertama hari ini.

Sementara untuk posisi kedua klasemen sementara ditempati Jawa Barat dengan lima medali emas, tujuh perak dan sembilan perunggu.

Perolehan medali Jawa Barat diikuti ketat kontingen Jawa Timur dengan lima medali emas, enam perak dan satu perunggu.

Untuk posisi selanjutnya diisi Jawa Tengah yang untuk sementara mengumpulkan lima medali emas, satu perak dan empat perunggu.

"Adapun tuan rumah Sulawesi Selatan mengoleksi dua medali emas, dua perak dan tujuh perunggu. Jumlah ini tentunya akan terus berubah karena masih ada beberapa cabang yang tengah melangsungkan pertandingan," jelasnya.

Pomnas XV 2017 mempertandingkan 14 cabang resmi dan dua eksibisi yakni sepak takraw, cabang atletik, Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bulutangkis, Catur (Balai Sidang Unibos), Futsal, Karate, cabang Kempo, Pencak Silat, Petanqu, Renang, Tarung Derajat, Tenis Lapangan.

Sedangkan untuk cabang olahraga eksibishi yakni Gateball dan Selam. Kedua cabang ini tentunya diharapkan sudah bisa dipertandingan secara resmi pada pelaksanaan Pomnas XVI 2019.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024