Mamuju (Antara Sulbar) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat mengajak masyarakat meningkatkan hidup sehat dengan cerdas menggunakan obat sakit.

"Masyarakat diminta untuk hidup sehat dengan cerdas menggunakan obat ketika sakit untuk mendukung program sakit mendukung gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat) yang dicanangkan Kementrian Kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulbar, Ahmad Azis di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, ketika sedang sakit gunakan obat secara tepat dan bacalah informasi dengan cermat, antara lain : komposisi, indikasi, dosis dan cara pakai, efek samping, kontra indikasi dan tanggal kadaluarsa.

Menurut dia, kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan, hidup sehat berarti menjaga kebersihan, pola makan dan terutama dalam hal gizi, setiap orang harus terpenuhi.

"Kita membutuhkan gerakan masyarakat hidup sehat sebagai tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup," katanya.

Ia juga mengajak masyarakat berperilaku sehat, agar terjaga kesehatan terjaga, jika sehat maka produktivitas masyarakat meningkat dan terciptanya lingkungan yang bersih sehingga biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat berkurang.

"Lakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024