Rantepao (Antara Sulsel) - Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara ( IKKON) Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan menggelar pameran kolaborasi pengembangan ekonomi kreatif serta peluncuran "Toraja Coffee Experience" bekerjasama dengan CU Sauan Sibarrung.

"IKKON salah satu program Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mengembangkan ekonomi kreatif di daerah ini," kata desain produk Ikkon Desrihandayani di Balandong Buntulobo Kecamatan Sesean, Toraja Utara (Torut), Kamis.

Dia menambahkan, Toraja Utara salah satu dari lima kabupaten di Indonesia yang dipilih mengembangkan  Toraja Coffee Experience atau jalur wisata kopi.

"CU Sauan Sibarrung lebih fokus ke pemberdayaan masyarakat, dan kami menjalin kerja sama dengan CU selama tiga tahun untuk lebih memantapkan kegiatan ekonomi kreatif di daerah ini," ujarnya.
 
Dalam acara tersebut di pamerkan berbagai jenis kopi khas Toraja serta kerajinan tangan asli daerah terseburt seperti kain dan tas  tenun, peralatan makan tradisional Toraja buah karya Ikkon bersama masyarakat di Balandong.

Kegiatan ini  di rangkaikan  penanaman bibit kopi Arabica oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toraja Utara, pihak Bekraf dan CU Sauan Sibarrung di lokasi tersebut.

Acara tersebut dihadiri Ketua CU Sauan Sibarrung Romo Freddi Rantetaruk, Kepala Subdit Ekonomi Kreatif  Moh Amin, Kepala Lembang Buntulobo Martinus Ruru, Dinas Perindagkom UKM Toraja Utara diwakili Kansya yang juga perwakilan Pemkab Toraja Utara serta para tokoh masyarakat setempat.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024