Sinjai (Antara Sulsel) - Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan meraih penghargaan pada Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (LCM B2SA)  di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 18-22 Oktober 2017.

"TP PKK Sinjai mewakili Sulsel, meraih penghargaan Kategori Kreasi Terbaik Menu B2SA Tingkat Nasional 2017," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sinjai Andi Mustaking di Sinjai, Sabtu.

Menurut Andi Mustaking, selain lomba LCM B2SA, kegiatan tersebut dirangkaikan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVII dan pameran pertanian.

Dia menambahkan, LCM B2SA berbasis sumber daya lokal dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman setiap individu dalam menerapkan konsumsi B2SA khususnya ibu rumah tangga yang bertanggungjawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga.

"Melalui lomba ini diharapkan masyarakat  khususnya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan dan mengembangkan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari," ujarnya.

Selain itu, kata Mustaking, menu sehat tidak perlu mahal, dan bahan bisa didapatkan dari hasil tanaman di lahan pekarangan kita, seperti bayam, kangkung, cabe, ayam, lele, pepaya dan lain-lain apabila diolah secara kreatif.

Pada LCM B2SA di Pontianak ini, Kabupaten Sinjai mampu menampilkan kreasi-kreasi menu makanan yang sehat dan alami.

Sementara itu,  Ketua PKK Kabupaten Sinjai Hj Rahmatia Sabirin menyatakan penghargaan  ini adalah prestasi kita semua dan hasil kerja bersama,  sehinga ini patut kita syukuri dan  wajib kita pertahankan.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024