Makassar (Antara Sulsel) - Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar mengerahkan tim dokter hewannya untuk melakukan pemeriksaan terhadap binatang ternak di daerah Antang, Kecamatan Manggala.

"Kecamatan Manggala itu paling banyak hewan ternaknya, ada unggas dan ada sapi juga kambing. Di daerah Antang, Manggala memang menjadi pusat peternakannya Makassar," ujar Kepala DP2 Makassar Abdul Rahman Bando di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, pengerahan dokter hewan untuk memeriksa unggas seperti ayam dan bebek serta ternak sapi serta kambing itu adalah bagian dari pelayanan dari dinasnya.

Rahman mengaku, pemeriksaan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam menjaga mutu dan kualitas serta kesehatan hewan.

"Standar itu yah aman, sehat, utuh dan halal. Semuanya harus aman, sehat agar masyarakat bisa mengonsumsi dagingnya tanpa harus khawatir ada penyakitnya," katanya.

Disebutkannya, pemeriksaan yang rutin dilakukannya itu adalah salah satu upaya dalam mengantisipasi dan menangkal adanya penyebaran penyakit maupun virus pada hewan ternak.

Karena menurut dia, tingkat konsumsi daging di Makassar cukup tinggi, apalagi di sekitar Rumah Potong Hewan (RPH) Antang, Manggala cukup banyak warga yang beternak unggas maupun sapi.

"Ini adalah langkah antisipasi saja, memeriksa kesehatan hewan ternak warga secara berkala. Sapi-sapi yang masuk ke RPH juga rutin diperiksa," terangnya.

Selain itu, Rahman mengaku jika pemeriksaan terbagi dua tahap. Pemeriksaan Anthe Mortem (fisik hewan) dan pemeriksaan bagian dalam setelah pemotongan (Post Morthem) khusus setelah penyembelihan di RPH Makassar. ***4***




Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024