Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran Rp1,7 triliun untuk pembebasan lahan kereta api daerah itu.

"Khusus untuk pembebasan lahan kereta api tidak ada masalah. Tahun ini, disiapkan anggaran sebesar Rp1,7 triliun untuk pembebasannya ," kata Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sabtu.

Gubernur Sulsel dua periode itu menjelaskan untuk merampungkan kereta api Sulsel masih dibutuhkan anggaran Rp11-13 triliun. Jika mendapat suntikan dana Rp4 triliun tahun depan, maka masih dibutuhkan Rp7-9 triliun.

Dia optimistis proyek ini bisa rampung karena mendapat perhatian langsung dari Presiden RI Joko Widodo

"Saya dengar pembicaraan atau bahasa tubuh bapak presiden, carikan cara bagaimana menyelesaikan proyek kereta api," jelasnya.

Kementerian Perhubungan pada 2018 akan menganggarkan Rp4 triliun untuk membiayai kereta api rute Trans Sulawesi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika hadir di Makassar, Jumat menjelaskan anggaran tersebut untuk menyelesaikan 40 kilometer rel kereta api.

Selanjutnya, pembiayaan dengan menggunakan APBN akan disetop. Pemerintah kemudian akan menawarkan kepada investor untuk melanjutkan pengerjaannya.

"Kita akan selesaikan dulu 40 kilometer dengan anggaran Rp4 triliun. Kita akan selesaikan dulu. Selesai itu, kita akan undang investor jadikan 100 kilometer, 140 kilometer dan seterusnya," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024