Mamuju (Antara Sulbar) - Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Habsi Wahid berharap Palang Merah Indonesia (PMI) meningkatkan sinergitas dengan berbagai pihak serta melakukan konsolidasi organisasi, menyusun program kerja dan langkah-langkah strategis sesuai dengan tugas pokoknya.

"Saya berharap, pengurus PMI yang baru dilantik dapat membangun komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak utamanya organisasi dan lembaga terkait," kata Habsi Wahid pada pelantikan Pengurus PMI Cabang Mamuju periode 2017-2022, Rabu.

Ia juga menyampaikan agar dalam menjalankan tugas dan perannya, para pengurus senantiasa memegang tujuh prinsip dasar yang dipegang teguh oleh organisasi PMI.

"Saya juga meminta kepada para pengurus baru agar senantiasa berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar PMI, yakni kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan, kemandirian, kesatuan dan kesemestaan," ujarnya.

"Jalankan peran kolektivitas agar organisasi dapat berjalan dan mengemban misinya dengan baik sehingga keberadaan PMI, mampu memberi manfaat yang besar bagi kehidupan khususnya bagi kemanusiaan dan keselamatan jiwa," kata Habsi Wahid.

Sementara itu, Ketua PMI Sulawesi Barat Enny Anggraeni Anwar berharap pengurus PMI Cabang Mamuju lebih meningkatkan keberhasilan dalam berorganisasi.

Enny Anggraeni Anwar yang melantik pengurus PMI Cabang Mamuju itu menyampaikan beberapa keberhasilan yang telah dilakukan oleh pengurus PMI periode sebelumnya.

Diantaranya, pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) dan Korps Suka Rela (KSR) di sekolah-sekolah atau di perguruan tinggi secara berkesinambungan, terbentuk dan terlatihnya tim siaga bencana (sibat) di empat desa serta senantiasa ikut dan berperan aktif dalam kegiatan tingkat nasional yakni.

Prestasi lainnya yang dilakukan lanjutnya, musyawarah kerja nasional, Jumbara Nasional dan temu karya nasional serta berbagai kegiatan tingkat provinsi.

"Olehnya itu, saya berharap kiranya keberhasilan yang telah diraih pengurus yang terdahulu dapat lebih ditingkatkan lagi," ujar Enny Angraeni yang juga merupakan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Barat.

Adapun pengurus PMI Cabang yang dilantik, yakni, Hajrah Asad sebagai ketua, M. Zain Iba Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi, Basit Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, H Patahuddin sebagai Wakil Ketua Bidang PMR dan Relawan, dr Acong sebagai Wakil Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesmas serta Hasnawaty Syam sebagai Wakil Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya.

Pewarta : Amirullah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024