Bulukumba (Antara Sulsel) - Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan, Jumat.

Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja adalah nenek AM Sukri Sappewali atau orang tua dari ayahnya H Andi Sappewali A Sulthan.

Menurut AM Sukri Sappewali, ayahnya adalah anak dari H Andi Sulthan Daeng Radja yang juga Karaeng Gantarang yang terakhir,  setelah kemerdekaan wilayah Gantarang menjadi wilayah distrik kecamatan.

"Jadi bapak saya ini yang terakhir menjadi Karaeng Gantarang, dan yang pertama menjadi kepala distrik atau camat Gantarang setelah terbentuknya pemerintahan Indonesia," ucap AM Sukri Sappewali usai tabur bunga ke makam kedua orang tuanya H Andi Sappewali dan Hj Andi Bau Monno, yang berdampingan di taman makam yang berada di samping Masjid Taqwa Ponre tersebut.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan  ke72 di lapangan Pemuda yang dihadiri oleh berbagai kalangan, baik dari pemerintah maupun organisasi masyarakar, termasuk dari para veteran maupun purnawirawan TNI Polri, dilanjutkan zaiarah ke Taman Makam Pahlawan Taccorong dan  TMP Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja.

Serahkan Bantuan

Rangkaian Hari Pahlawan  Bupati Bulukumba menyerahkan bantuan sosial kepada 20 orang lanjut usia terlantar dan 40 orang penyandang disabilitas berat, sebesar Rp3 Juta perorang.

Selain itu pihak BPJS Ketenagakerjaan melalui Bupati menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada tiga orang yaitu almarhum Syamsuddin (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) sebanyak Rp.24,3 juta untuk Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM).

Kedua, almarhum Roslan (PT Sulawesi Cottom Industry) sebanyak Rp38,9 juta untuk JHT dan JKM dan terakhir kepada Jumaliah (PT Lonsum Palangisang) sebanyak Rp29,1 juta untuk JHT.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024