Mamuju (Antara Sulbar) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, meluncurkan program Siga` 119 atau "Public Safety Center" untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di daerah itu.

Peluncuran Siga` 119 tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Mamuju Habsi Wahid, pada rabgkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-53 yang berlangsung di Lapangan Desa Beru-beru Kecamatan Kalukku, Senin.

"Program Siga` 119 yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Mamuju sebagai bentuk wadah pelayanan publik dengan melibatkan banyak unsur terkait seperti pemadam kebakaran, Satpol PP, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dinas Kesehatan," kata Habsi Wahid.

Bupati menyatakan, program Siga` 119 tersebut sebagai bentuk kebijakan daerah yang dilakukan untuk meningkatkan kulitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Program ini bertujuan bagaimana kita secara sigap dan cepat memberikan pelayanan kepada masyarakat jika terjadi bencana misalnya kebakaran yang tentu akan ada korban/pasien dan itu akan secepatnya ditangani oleh Siga` melalui panggilan darurat 119. Tentu ini akan kami sosialisasikan agar masyarakat bisa lebih mengetahui dengan cepat karena ini adalah program baru dalam rangka lebih meningkatkan kulitas pelayanan masyarakat," terang Habsi Wahid.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke?53 di Kabupaten Mamuju yang mulai dilaksanakan sejak Kamis (9/11) diwarnai berbagai kegiatan diantaranya, defile atau parade kontingen, pertandingan olahraga, lomba permainan tradisional, bakti sosial, senam sehat bersama, bazar sayur dan buah.

Kegiatan tersebut diikuti berbagai instansi, yakni Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mamuju, Rumah Sakit Mitra Manakarra, 22 Puskesmas se-Kabupaten Mamuju dan BPJS Kesehatan setempat.

Selama empat hari berbagai lomba pada HKN ke-53 tersebut, Kecamatan Kalumpang berhasil meraih juara umpat umum pada momen perayaan HKN ke ? 53.

"Saya apresiasi dan selamat kepada Puskesmas Kalumpang semoga dengan kebehasilannya bisa lebih memotivasi diri untuk lebih meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kepada masyarakat," tutur Habsi Wahid.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju dr. Hajrah As?ad menyampaikan, Hari Kesehatan Nasional selain sebagai ajang silaturahmi bagi insan kesehatan juga untuk mengenal lintas sektor terkait agar ke depannya nanti pelayanan kesehatan akan memberikan yang lebih maksimal bagi masyarakat Mamuju.

Pewarta : Amirullah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024