Makassar (Antara Sulsel) - Pemerintah Kota Makassar kembali mendapatkan penghargaan "Smart City Award 2017" dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) atas program yang dijalankan selama ini.

"Alhamdulillah, Makassar kembali meraih penghargaan sebagai kota smart city dan penghargaan ini sangat spesial karena kita baru saja merayakan HUT Makassar yang ke-410 tahun," ujar Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal di Makassar, Kamis.

Piagam dan tropi penghargaan itu diterimanya langsung di malam penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2017 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Santika Premiere Jakarta, Rabu (15/11).

Deng Ical -- sapaan akrab Suamsu Rizal yang tampil mewakili kota Makassar menerima penghargaan tersebut menyampaikam rasa bangga dan terima kasihnya kepada seluruh warga Makassar atas pencapaian ini.

"Ini kado istimewa untuk Kota Makassar yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 410. Selamat untuk seluruh warga Makassar, prestasi ini tentunya berkat kerja cerdas semua pihak tanpa terkecuali," katanya.

Gerakan menuju 100 smart city merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian PUPR, Bappenas, dan kantor staf kepresidenan.

Gerakan menuju 100 smart city bertujuan membimbing pemerintahan kota dan kabupaten dalam menyusun masterplan smart city agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah.

Sebelumnya, Menteri Kominfo Rudiantara saat membuka seminar dan malam penghargaan Gerakan menuju 100 Smart City 2017 mengatakan bahwa smart city bukan tentang kemampuan membeli perangkat tekhnologi canggih, tapi bagaimana sebuah kota mampu merubah cara berpikir dan juga cara melayani masyarakat.

"Sejumlah kota telah berhasil melakukannya, termasuk kota Makassar dalam melakukan inovasi di sejumlah layanan publiknya. Contohnya layanan kesehatan, Makassar berhasil menciptakan pelayanan yang jauh lebih mudah diakses oleh warganya," ujarnya.

Lewat kerjasama Kementerian Kominfo dan Pemkot Makassar melalui Dinas Kominfo Makassar telah melakukan rangkaian bimbingan teknis penyusunan master plan smart city kota Makassar yang melibatkan hampir seluruh stakeholder, baik itu dewan smart city kota Makassar, tim tekhnis pelaksana smart city kota Makassar serta organisasi perangkat daerah se kota Makassar.

Selain Makassar, sejumlah kabupaten kota yang mendapat penghargaan serupa yakni, Kabupaten Banyuwangi, kota Tomohon, kabupaten Lombok Timur, Kota Sukabumi.

Kemudian, Kabupaten Badung, Kota Samarinda, Kota Bandung, Kota Semarang, Tangerang, Sleman, Bekasi, Bogor, Cirebon, Pelalawan, Banyuasin, Bojonegoro, Gresik, Sidoarjo, Tangerang Selatan, Mimika, Kutai Kartanegara,Siak, serta Jambi.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024