Makassar (Antara Sulsel) - Atlet panjat tebing Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan, Hermawan berhasil meraih medali perunggu dalam Kejuaraan Nasional XVI 2017 di Spot Climbing Stadion Mandala Krida, Jogjakarta.

"Hasil ini adalah bentuk prestasi FPTI Sulsel meski meraih perunggu tapi mampu memperlihatkan hasil yang maksimal karena semangat `ewako` atau pantang menyerah," sebut Ketua Harian FPTI Sulsel Anjar Wijaya melalui siaran persnya, Jumat.

Menurutnya, atlet panjat tebing Sulsel terbukti di beberapa kategori berhasil menembus babak semi final sampai final mengingat di tahap ini peserta didominasi atlet Pelatnas Sea Games dan Asian Games.

Selain itu kata dia, FPTI Sulsel mengirim 10 atlet yakni Hermawan, Gilang Alif Ramadhan, Syahrul Ramadhan, Rahmat. Selanjutnya atlit putri yakni Nurfajrin, Alivanny Ver Khadijah, Nurul Magfirah, Syamsinar, Suriani Rasyid dan Yulianti.

"Dari hasil ini Hermawan mampu mempersebahkan medali perunggu pada kategori speed track setelah bersaing ketat dengan atlet pelatnas," kata Anjar disapa akrab itu.

Sementara atlet putri Sulsel, seperti Nurul Magfirah dan Syamsinar yang berlaga di kategori Lead perorangan juga sukses masuk di babak final. Nurul harus puas di peringkat 10, namun hasil tersebut bersaing ketat dengan atlet-atlet senior dari provinsi lain.

Atlet muda potensial Sulsel Alivanny, kata dia, mampu memperlihatkan prestasi yang mengagumkan di kategori Speed Track putri dengan torehan waktu 9,4 menit dan berhasil melaju ke semi final. Kategori ini masih didominasi atlet senior dan atlet pelatnas.

Pada kategori lainnya Nurfajrin Kahir, Gilang Alif Ramadhan dan Syahrul Ramadhan juga mampu bersang ketat dengan kontingen lainnya serta berhasil lolos ke semi final.

Untuk kategori olympic games, yang akan dipertandingan di olympiade, lanjut Anjar, atlet Sulsel berhasil lolos kualifikasi dan lolos ke babak berikutnya.

"Atlet sepetti Gilang, Syahrul, Nurul, Suriani dan Yulianti sisa menyelesaikan speed war dan menuju babak final. Meskipun persiapan minim tapi diperhitungkan kontingen lain," sebutnya.

Sedangkan Ketua FPTI Sulsel Imam Subekti menyambut gembira atas torehan 10 atlet panjat tebing Sulsel yang dikirim ke Kejurnas ini. Menurutnya prestasi ini bisa menjadi pemacu dalam pembinaan atlet berikutnya.

"Insya Allah pada event berikutnya atlet sulsel diharapkan mampu mempersembahkan prestasi yang lebih mengagumkan. Bidang Pembinaan dan Prestasi FPTI Sulsel berharap, Insya Allah dengan program pembinaan yang dilaksanakan Pengprov dan Pengkab kedepan bisa lebih memperlihatkan hasil, " harap Imam.

Meksi demikian, kata dia, salah satu upaya yang berjalan saat ini adalah pembinaan atlit usia dini, peningkatan kualitas juri dan pembuat jalur, sertifikasi pelatih hingga juri serta peningkatan sarana dan prasarana.

Atlet-atlet muda, lanjutnya, seperti Rahmat Usman, Gulang, Syahrul Ramadhan, Alivany, Nurul, Suriani dan Yulianti diharapkan bisa lebih semangat tidak berhenti dan tetap terus berlatih. Mengikuti dan menjalankan program latihan dengan disiplin.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024