Bulukumba (Antara Sulsel) - Sebanyak 24 orang dari Kampung Pegat Batumbuk dan Teluk Samanting, Kabupaten Berau Kalimantan Timur kunjungan belajar terpadu di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kasubag Pemberitaan Pemkab Bulukumba Andi Ayatullah di Bulukumba, Jumat, mengatakan warga dari kedua kampung tersebut ingin belajar tentang pengelolaan wisata dan lingkungan serta manajemen Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa), karena itu Pemkab Bulukumba menghadirkan Kepala Dinas Pariwisata Muh Ali Saleng dan Ketua Bumdes Sopa Mandiri Desa Sopa Zon Arwanto untuk menjelaskan dan berbagi pengalaman terkait pengelolaan potensi wisata dan Bumdesa.

Menurut Andi Ayatullah, kunjungan belajar tersebut difasilitasi  Forum Lingkungan Mulawarman (FLIM) yang melaksanakan program di kedua kampung tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto yang menerima rombongan dari Kaltim itu terkesan dan tidak merasa asing dengan  warga dari kedua kampung tersebut, karena sudah merasa menjadi bagian dari warga Berau, sebab pernah tinggal di daerah itu sekitar sembilan tahun, sebelum dirinya menjadi Wakil Bupati Bulukumba saat ini.

"Saya sudah minum airnya Berau selama bertahun-tahun, artinya saya ini sudah menjadi bagian dari penduduk Berau itu sendiri," kata Tomy.

Sebagai orang yang pernah bergelut di pendampingan warga, Tomy Satria Yulianto pun memberikan tips-tips kepada mereka agar bisa membangun kampungnya ke arah yang lebih baik.

Menurut Tomy ada beberapa prinsip dasar yang harus dibangun, pertama jangan takut bermimpi untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, kedua pemerintah atau pemimpin dari kedua kampung tersebut memiliki "political will" untuk membangun kampungnya, dan ketiga ada kolaborasi dan saling percaya antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun kampungnya.

Sementara itu, Ketua rombongan dari Kaltim, Supriadi Syam, mengatakan pihaknya memilih Bulukumba sebagai tujuan kunjungan belajar karena memiliki potensi wisata yang bagus.

"Selain Bulukumba, FLIM juga mendampingi warga ke Kabupaten Maros dan Pangkep," tuturnya.

Menurut Supriadi, pihaknya juga akan mengunjungi Desa Manyampa untuk belajar deforestasi mangrove, serta  Desa Kambuno mempelajari pembuatan pupuk organik bagi perkebunan dan budidaya perikanan, serta menginap di kawasan Tanjung Bira menikmati pantai pasir putih.

Di akhir pertemuan, Wakil Bupati menyerahkan cinderamata kepada Kepala Kampung Pegat Batumbuk, Hamsyah dan Kampung Teluk Semanting, Abdul Gani.

Pewarta : Syamsurya Pratama
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024