Makassar (Antara Sulsel) - Kepala Dinas Sumber Daya Air, Tata Ruang dan Cipta Karya Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan Bintang mengatakan pengerjaan kubah utama Masjid 99 Kubah atau Masjid Center Point of Indonesia (CPI) ditargetkan rampung akhir Desember 2017.

"Kami targetkan penyelesaian pembangunan kubah utama dan 42 kubah kecil pada akhir tahun ini," kata Andi Darmawan yang dihubungi dari Makassar, Sabtu.

Pemasangan mozaik untuk kubah utama masjid tersebut, kata dia, juga diharapkan dapat dilakukan akhir tahun 2017 ini.

Lebih lanjut ia mengatakan cuaca yang tidak bersahabat membuat pengerjaan proyek tersebut sedikit terganggu.

Meski demikian, ia tidak terlalu khawatir proyek pembangunan masjid yang didesain Ridwan Kamil tersebut mengalami keterlambatan sebab sejauh ini masih sesuai dengan rencana.

"Progres pekerjaan sudah di atas 70 persen, dan ini terus digenjot pengerjaannya," imbuhnya.

Sebelumnya, pada pemancangan tiang pertama Masjid 99 Kubah, Kamis (1/6/2017), ia mengatakan masjid itu akan menjadi pusat kegiatan umat Islam di Makassar, Sulsel dan KTI yang dapat menampung kegiatan ibadah dan syiar Islam.

Nantinya, kata dia, pada masing-masing kubah (99 kubah) akan diberi label sesuai asmaul husna, pada exterior maupun interiornya.

"Masjid ini akan memberikan penampilan yang sakral, monumental, unik berkarakter dengan bangun dimensi masjid kurang lebih 72 x 45 meter, dan daya tampung hingga lebih dari 13.000 jamaah," katanya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024