Sungguminasa (Antara Sulsel) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan menerima penghargaan atas dedikasinya sebagai pemrakarsa lahirnya kampung literasi di Kabupaten Gowa.

"Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas penghargaannya dan teruslah berbuat untuk masyarakat yang dipimpinnya," ujar Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Latief yang mewakili Gubernur Sulsel pada penyerahan penghargaan di Gowa, Selasa.

Penyerahan penghargaan kepada bupati itu dilakukan pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-52 yang dipusatkan di kawasan Beuatiful Malini, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa.

Pada kesempatan itu, sekprov mengatakan, momentum HAI sebagai upaya dalam meningkatkan aksi nyata dan keaksaraan dunia pendidikan di Sulsel khususnya dalam memajukan dunia pendidikan.

Abdul Latief juga berharap Pemkab Gowa melalui program-programnya dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan bersama-sama dengan pemerintah provinsi mewujudkan Sulsel sebagai pilar utama pembangunan melalui sinergitas kebijakan pembangunan dari provinsi hingga kabupaten dan kota.

"Momentum HAI ini sebagai upaya dalam meningkatkan aksi nyata dan keaksaraan dunia pendidikan di Sulsel dalam memajukan dunia pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya.

Selain Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang mendapat penghargaan, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar juga mendapat penghargaan atas dedikasinya terhadap pendidikan perempuan marginal dan piala bergilir Gubernur Sulsel kepada Dinas Pendidikan Kota Makassar sebagai juara umum pada Peringatan HAI ke-52 tahun tingkat Provinsi Sulsel serta berbagai penghargaan kepada 21 orang guru berprestasi se-Sulsel.

Rangkaian kegiatan HAI telah dilaksanakan mulai tanggal 25 November yang diikuti oleh 24 kabupaten dan kota se-Sulsel dengan berbagai kegiatan seperti Porseni dan pameran dari seluruh kabupaten dan kota.

Kepala Dinas Provinsi Sulsel, H Irman Yasin Limpo mengutarakan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah menjadi tuan rumah HAI ini.

"Kita peringati Hari Aksara Internasional ini tiap tahun dan tahun ini dipusatkan di Gowa, kami ucapkan terima kaaih kepada Pemerintah Kabupaten Gowa yang telah membackup acara ini sehingga pameran dan porseni serta seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024