Mamuju (Antara Sulbar) - Dua pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dibangun di Pulau Karampuang, Kabupaten mamuju, Sulawesi Barat, melalui proyek dana hibah MCA-Indonesia akan dimanfaatkan langsung oleh sekitar 3.317 warga.

"PLTS yang dibangun di Pulau Karampuang yang terletak di depan Kota Mamuju telah menyelesaikan pembangunan fasilitas pembangkit listrik di PLTS-1, dengan daya 201,6 kWp di Desa Karampuang," kata Media Relations untuk MCA-Indonesia Hendratno di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, PLTS-2 di Dusun Karaeang memiliki daya 115.2 kWp dari total 4 lokasi pembangkit listrik yang direncanakan.

Menurut dia, proyek yang dibangun dari hibah MCA-Indonesia dilaksanakan oleh PT Sky Energy Indonesia dan PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT).

"Proyek telah menyelesaikan pembangunan jaringan listrik dan instalasi ke rumah-rumah di dua lokasi tersebut, pada Februari 2018, keseluruhan proyek ini diharapkan akan rampung dan mampu menyediakan listrik tenaga surya dengan kapasitas total 598 kWp untuk dimanfaatkan langsung oleh 3,317 orang yang terdiri atas 784 kepala keluarga (KK)," katanya.

Menurut dia, proyek tersebut akan diresmikan pada Jumat 8 Desember 2017 di Balai Desa Pulau Karampuan dan akan dihadiri Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024