Makassar (Antara Sulsel) - Universitas Hasanuddin kembali menggelar Rapat Senat Akademik Terbuka Iuar Biasa dalam rangka prosesi penerimaan jabatan guru besar dari Fakultas Teknik di Ruang Senat Lantai II Gedung Rektorat Unhas, Selasa.

"Dua guru besar yang dikukuhkan yaitu Prof Dr Ir Onny Surjono Sutresman MT dan Prof Dr Rudy Djamaluddin ST MEng sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Struktur Beton Bertulang Fakultas Teknik," kata Kepala Unit Humas dan Protokoler Unhas, Ishaq Rahman di Makassar.

Prof Dr Ir Onny Surjono Sutresman MT sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Kekuatan Material Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik,dengan judul pidato ?Kelayakan Baja Ringan Profil HS-75 Sebagai Material Pengganti Balok Kayu yang Digunakan Sebagai Rangka Atap?.

Sementara itu, Prof Dr Rudy Djamaluddin ST MEng sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Struktur Beton Bertulang Fakultas Teknik, dengan judul pidato "Rekayasa Struktur Beton Bertulang Berbasis Ramah Lingkungan dalam Mendukung Konstruksi yang Berkelanjutan".

Dalam pidatonya, Profesor Onny Surjono Sutresman mengatkan bahwa pertumbuhan pendudduk yang cukup besar akan diikuti dengan kebutuhan tempat tinggal untuk berlindung.

Oleh karena itu, memerlukan pembangunan infrastruktur untuk mengimbangi pemukiman penduduk tersebut. Sedangkan, dalam pembangunan tersebut banyak membutuhkan balok kayu yang merupakan material utama yang digunakan sebagai rangka atap bangunan dan sudah sewajarnya perlu mencari material alternatif untuk pengganti kayu.

Sementara Profesor Rudy Djamaluddin menyimpulkan bahwa bahan dasar beton dari aggregate alam dapat di efisienkan penggunaannya dengan pendekatan rekayasa struktur yang dalam hal ini menggunakan penulangan sistem rangka.

Dengan sistem penungalangan rangka maka bahan beton hanya digunakan pada daerah dimana keunggulan bahan beton diperlukan.

Acara pengukuhan guru besar ini dihadiri oleh Rektor Unhas, Ketua dan Anggota Senta Akademik, Majelis Wali Amanat, para Dewan Profesor, Dekan dan ketua departemen Fakultas Teknik serta para tamu undangan internal dan eksternal.

Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu MA mengatakan bahwa hari ini bertambah lagi guru besar dari Fakultas Teknik dan menandakan pertumbuhan semakin maju. Guru besar merupakan kekuatan bangsa yang menciptakan inovasi dan teknologi.

"Setiap guru besar diharapkan bisa menghasilkan karya atau produk ilmiah yang bermanfaat untuk bangsa dan karya yang dibuat bisa terus ditingkatkan sehingga bisa menjadi produk yang digunakan di masyarakat," harapnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024