Makassar (Antara Sulsel) - Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kesenian Mahasiswa (UKM LKM) Universitas Bosowa gelar workshop drawing imagination bertema "Basic Study Skill of Editing Video" di Makassar, Selasa, demi meningkatkan kemampuan sinematografi mahasiswa.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Aksa Mahmud lantai 9 Unibos ini diikuti berbagai peserta dari beberapa kampus tidak hanya dalam lingkup Unibos tetapi juga terbuka secara umum.

"Sinematografi itu penggabungan beberapa gambar yang dibaurkan dengan efek tertentu yang memberikan kesan indah,"kata pemateri Sabrillah Kasim.

Workshop yang digelar oleh Divisi Rupa dan Sinematografi UKM LKM Unibos ini menghadirkan Sabrillah Kasim sebagai pemateri.

Sabrillah Kasim yang juga berperan dalam pembuatan film Perempuan Dalam Perahu ini memberikan informasi terkait teknik dan hal-hal penting yang perlu menjadi perhatian dalam pembuatan sebuah video juga dalam hal ini pembuatan film.

"Sinematografi ini membutuhkan ketelitian dan ketekunan khusus dalam pembuatannya. Bukan hanya tentang kualitas gambar tetapi pembuatan film ini juga perlu diperhatikan dari ide ceritanya dan juga alurnya," ujarnya.

Menurut dia, film yang dibuat juga harus memperjelas pesan yang ingin disampaikan kepada khalayak. Dalam pembuatannya juga tidak sembarangan mengambil gambar.

Seorang sinematografer harus mampu menguasai kamera, sudut pengambilan gambar, dan sudut pandang yang akan diangkat sehingga pesannya dapat tersampaikan dengan baik," katanya.

Secara umum, kata dia, untuk mengantisipasi dan menanggulangi bencana, pihaknya telah menyiapkan berbagai unsur, termasuk relawan dan kekuatan eksternal yang dapat dikoordinasikan untuk menghadapi bencana.

"Di seluruh kelurahan yang ada di Makassar, misalnya, sudah ada satgas gabungan yang dibentuk untuk mengantisipasi jika bencana terjadi," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024