Makassar (Antaranews Sulsel) - Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan menyerahkan bantuan berupa lapak dan modal usaha kepada sejumlah warga Makassar yang tergolong sebagai warga prasejahtera.

Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal yang diberikan kepercayaan oleh IZI Sulsel dalam memberikan bantuan, Kamis, mengatakan, bantuan modal usaha dan lapak bagi 14 warga Makassar sedikit mengurangi beban pemerintah.

"Ini adalah salah satu langkah nyata dari IZI Sulsel karena semua programnya itu sangat bermanfaat dan membantu sekali pemerintah khususnya bagi masyarakat kelas bawah," ujar di Rumah Singgah Pasien IZI, Kompleks Perumahan Dosen Unhas.

Menurut Deng Ical -- sapaan akrab Syamsu Rizal, penyerahan zakat dari Muzakkih melalui IZI diharapkan mampu memberikan berkah pada penerimanya.

Ia juga berharap di masa depan, para penerima manfaat zakat dan lapak ini bisa menjalankan dan mengembangkan usahanya agar di masa depan tidak lagi menjadi penerima melainkan menjadi pemberi zakat.

"Harapa kami, bagi para penerima zakat atau bantuan hari ini tidak lagi menjadi penerima kembali di masa depan. Tapi bagaimana caranya supaya di masa depan sudah menjadi pemberi zakat bagi yang lainnya lagi," katanya.

Disebutkannya, potensi zakat sangat besar jika tersalurkan dengan baik, bahkan dirinya mencontohkan dikalangan pegawai Pemerintah Kota Makassar zakat sudah mencapai angka lebih dari Rp1 miliar.

"Diharapkan langkah yang dilakukan IZI dapat terus ditingkatkan dan diikuti dengan berbagai langkah selanjutnya demi memudahkan masyarakat untuk berwirausaha," tuturnya.

Selain itu, berbagai kemudahan bagi wirausahan baru kalangan menengah ke bawah juga akan dimudahkan pada pengurusan administrasi, seperti SITU,?SIUP, ataupun mendirikan perusahaan yang berbadan hukum, asalkan produksinya benar benar berjalan.?

Sementara Kepala cabang IZI Sulawesi Selatan, Arman mengatakan bahwa program lapak berkah ini serentak dilakukan secara nasional

"Alhamdulillah tahun ini Sulawesi Selatan bisa memberikan sumbangsi sampai 15 lapak di beberapa titik di Kota Makassar, Gowa, Maros dan Takalar," kata Arman.

Menurutnya, Ini adalah salah satu program unggulan dari beberapa program yang di jalankan oleh insiatif zakat Indonesia.

"Selain yang kita liat saat ini, juga ada rumah singgah dan beberapa program lainnya," tutupnya.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024