Makassar (Antaranews Sulsel) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar meminta kepada warga Makassar untuk menampung air yang banyak sehubungan akan dilakukannya pembersihan filter di Instalasi Pengolahan Air (IPA) 2 Panaikang.

"Kita akan melakukan `cleaning and grouting concentrator pulsator`, makanya kita minta kepada pelanggan untuk menampung dulu air yang banyak karena distribusi air pasti tidak akan maksimal," ujar Humas PDAM Makassar, Muh Idris Tahir di Makassar, Rabu.

Ia mengatakan, pembersihan pulsator akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dimulai pada 4 Januari 2018, mulai pukul 07.30 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

Sedangkan pembersihan pulsator pada tahap berikutnya, akan dilakukan sepekan kemudian atau tepatnya pada 9 Januari 2018, mulai pukul 07.30 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

Idris mengaku, pembersihan pulsator akan mempengaruhi debit air dan tentunya di beberapa wilayah di Makassar pasti akan mengalami gangguan dalam hal pendistribusian air bersih tersebut.

"Kita sampaikan memang sebelum pembersihan agar pelanggan mengetahui maintenance kita ini dan tentunya pelanggan juga tidak kaget. Makanya, tampung memang air sebanyaknya," katanya.

Adapun wilayah yang bakal terkena dampak selama proses pengerjaan yakni wilayah timur Tamalanrea, Biringkanaya, Sudiang, Kawasan Industri Makassar (KIMA), Antang dan sekitar utara kota Makassar.

Idris menyebutkan, pembersihan filter merupakan kegiatan rutin untuk menjaga kualitas air, apalagi saat hujan intensitas tinggi, banyak lumpur yang terbawa.

Oleh karenanya, pihak PDAM Makassar menganjurkan warga untuk menampung air sebelum pengerjaan pembersihan dilakukan sehingga kebutuhan warga akan air dalam beraktivitas dapat terpenuhi.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024