Makassar (Antaranews Sulsel) - Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar melibatkan atau menggandeng psikolog untuk mengenali potensi diri sebelum pengambilan keputusan konsentrasi jurusan yang tepat bagi mahasiswa.

Ketua Prodi ilmu komunikasi UMI, Abdul Majid di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya menggelar kegiatan pemilihan dan penetapan konsentrasi jurusan komunikasi dengan menghadirkan psikolog yang dikhususkan bagi mahasiswa semester tiga.

"Langkah ini sebagai upaya peningkatan mutu prodi ilmu komunikasi. Program ini kelak menjadi program andalan bagi prodi ilmu komunikasi sehingga mampu melahirkan mutu lulusan yang mumpuni," katanya.

Keputusan melibatkan seorang psikolog mempuni oleh pihak fakultas, kata dia, tentu akan membantu mahasiswa untuk memilih jurusan yang tepat sesuai bakat yang dimilikinya.

Sementara pelaksana kegiatan, Muhammad Idris menjelaskan kalau kegiatan yang menghadirkan psikolog ini sebagai langkah awal bagi mahasiswa dalam menentukan masa depannya kelak.

Dosen Ilmu Komunikasi UMI Makassar ini mengatakan kegiatan ini memang penting bagi mahassiwa khususnya yang baru akan memiliki konsentrasi jurusan karena keinginan dan potensi diri kadangkala tidak sejalan.

"Dengan bantuan Psikolog, akan makin memantapkan pilihan mahasiswa apakah akan memilih konsentrasi jurusan jurnalistik, public relations atau broadcasting sebagai pilihan yang tepat bagi mereka," ujar Muhammad Idris.

Kegiatan juga dirangkaikan dengan diskusi dan konseling "Potensi Diri dan Tantangan Kerja Jaman Now" yang dibawakan langsung oleh Titin Chomariah, Psikolog industri yang juga seorang assesor dan konsultan bidang pengembangan SDM area Sulawesi dan Maluku.

Mahasiswa terlihat antusias bisa berinteraksi dengan narasumber yang telah berpengalaman dalam rekrutmen SDM di berbagai institusi baik negeri maupun swasta. Diakhir kegiatan, mahasiswa juga diberikan tips dan trik menembus dunia kerja. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024