Makassar (Antaranews Sulsel) - Maskapai penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) melakukan penerbangan perdana pada pembukaan rute Makassar-Palembang mulai17 Januari 2018.

"Alhamdulillah cuaca cukup mendukung penerbangan perdana dari Makassar ke Palembang pada pukul 17.55 WITA," kata Vice President Domestik Region IV Garuda Indonesia I Wayan Supatrayasa, di Makassar, Rabu.

Pada penerbangan perdana Makassar-Palembang dengan nomor penerbangan GA274 ini mengangkut 17 orang penumpang.

Sedangkan penerbangan dari Palembang-Makassar dengan nomor penerbangan GA274 pada pukul 20.15 WIB akan memberangkatkan sekitar 60 orang penumpang.

Penumpang tujuan Makassar dari provinsi yang berjuluk "Bumi Sriwijaya" itu, sebanyak 50 orang di antaranya adalah penumpang traveling tujuan Tana Toraja yang merupakan destinasi wisata andalan Sulawesi Selatan.

Menanggapi adanya penerbangan langsung Makassar-Palembang PP tanpa transit lagi di Jakarta, salah seorang penumpang dari Makassar tujuan Palembang Esti Adnan mengatakan sangat terbantu karena perjalanan lebih efisien dari segi waktu dan biaya.

Baca juga : Garuda Buka Penerbangan Langsung Makassar-Palembang

"Alhamdulillah saya sangat bersyukur sudah ada penerbangan langsung yang menghubungkan Makassar-Palembang, ini akan menjadi peluang bagi dua daerah dari sisi ekonomi," kata Esti yang juga Presiden Direktur Jakabaring Sport City, Palembang.

Menurut pengusaha muda ini, selain dari sisi ekonomi juga kunjungan wisata pada dua daerah ini dapat meningkat, mengingat terbuka akses dari kawasan Indonesia bagian timur dan barat.

Dia menyatakan, untuk event Asian Games yang digelar di Palembang pada Agustus 2018, memungkinkan masyarakat dari Sulsel menyaksikan langsung di Palembang dengan biaya transportasi lebih murah dibandingkan jika harus melalui dua kali penerbangan alias transit terlebih dahulu.

"Tiket penerbangan langsung Makassar-Palembang hanya Rp1,1 juta, sedangkan kalau selama ini kami transit via Jakarta total biaya penerbangan dari Makassar-Palembang mencapai lebih Rp2 juta," kata penumpang lainnya, Rahma.



Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024