Mamuju (Antaranews Sulsel) - Bupati Mamuju Provinsi Sulawesi Barat Habsi Wahid, meminta kepala desa terpilih di daerah itu agar dapat mengelola anggaran dengan baik.

"Kepala desa harus mampu melaksanakan tiga tugas utama, yakni menjalankan pemerintahan, melaksanakan pengelolaan anggaran dan menyelengarakan tugas kemasyarakatan. Ini gampang-gampang susah karena yang akan dihadapi berbagai macam karakter warga yang berbeda-beda," kata Habsi Wahid, pada pelantikan delapan kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak di Kecamatan Tapalang dan Kecamatan Tapalang Barat, Kamis.

Bupati juga meminta agar para kepala desa dapat menjadi panutan dan menjadi tempat "curhat" atau keluhan warganya.

"Tentu mereka dipilih untuk mendengarkan aspirasi dari warga desa," ucapnya.

Selain itu Bupati berharap para kepala desa dapat menguasai kondisi desa termasuk administrasinya, sehingga pengelolaan desa dapat lebih efektif dan sesuai dengan rambu aturan yang ada.

Sementara, Kepala Desa Ahu, Tapalang Barat Jasmin usai pelantikan mengatakan bahwa ia akan berusaha melaksanakan program yang telah dijanjikan kepada masyarakat.

Termasuk lanjutnya, mendengarkan keluhan maupun masukan dari masyarakat.

Menurutnya, selaku kepala desa mesti pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat agar dapat tercipta hubungan yang harmonis.

"Sebagai kepala desa kita harus menciptakan hubungan yang baik dengan semua golongan masyarakat. Kita mesti pandai-pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat supaya kita bisa bekerjasama dengan baik," tutur Jasmin.

Kedelapan terpilih dan dilantik oleh Bupati Mamuju itu, yakni empat Kepala Desa di Kecamatan Tapalang adalah Kepala Desa Kopeang Rahman, Kepala Desa Bela Hanapi, Kepala Desa Rantedoda Asmil dan Kepala Desa Taan Rahmat.

Sementara empat lainnya di Kecamatan Tapalang Barat, yaitu Kepala Desa Lebani Jumadir, Kepala Desa Ahu Jasmin, Kepala Desa Pangasaan Asa`d dan Kepala Desa Dungkait Arman.

Para kepala desa terpilih itu akan menjabat selama enam tahun sejak resmi dilantik.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024