Makassar (Antaranews Sulsel) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengingatkan kepada warga untuk berhati-hati pada musim penghujan ini, agar menghindari pohon-pohon besar karena bisa tumbang sewaktu-waktu.

"Kondisi cuaca hingga tiga hari ke depan di wilayah Sulawesi Selatan ini masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang, makanya kami ingatkan warga agar berhati-hati dengan pohon-pohon besar," kata Kepala BMKH Wilayah IV Makassar A Fachri Radjab, di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang diperkirakan masih berpotensi terjadi pada beberapa wilayah di Sulawesi Selatan.

Hujan dengan intesitas sedang hingga lebat disertai angin kencang diprakirakan masih berpotensi terjadi terutama pada beberapa wilayah seperti Luwu Timur dan Luwu Utara.

Baca juga : BMKG : Tiga hari Sulsel diguyur hujan lebat

Kemudian Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, Pangkep, Parepare, Barru, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Bone, Wajo, Sidrap, Luwu, dan Soppeng.

Fachri menyatakan, kondisi ini disebabkan adanya daerah pertemuan angin yang menyebabkan terjadi peningkatan pertumbuhan awan dan hujan di wilayah Sulawesi Selatan.

"Pertemuan angin ini yang menjadi penyebab tinggi curah hujan terutama di Sulawesi Selatan bagian barat dan Sulawesi Selatan bagian selatan," katanya pula.

Sedangkan tinggi gelombang laut antara 1,25 hingga 2,5 meter dapat terjadi di Selat Makassar bagian selatan, perairan barat Sulawesi Selatan, perairan Kepulauan Sabalana, perairan Kepulauan Selayar, dan Teluk Bone bagian selatan serta Laut Flores.



Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024