Makassar (Antaranews Sulsel) - Tim asesor LAM-PT Kes melakukan visitasi akreditasi terhadap Program studi Diploma III kebidanan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muslim Indonesia (UMI) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rektor UMI, Prof Dr Masrurah Mukhtar MA di Makassar, Sabtu, mengatakan visitasi oleh tim asesor LAM-PTKes bertujuan menilai mutu prodi D3 kebidanan Fakultas kesehatan masyarakat .

"Tim asesor akan melakukan verifikasi dan klarifikasi data yang telah dilaporkan. Semoga insya Allah dengan kehadiran tim asesor akan memberi rahmat prodi kebidanan FKM UMI ke depan dan terkhusus UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah," katanya.

Tim asseor LAM-PT Kes itu diwakili Siti Tyastuti, SSi T SKep MKes., dan Erni Sutrisminah, SSi MKep.

Ia menjelaskan, akreditasi merupakan jaminan pengakuan kualitas suatu institusi secara resmi, karena itu diharapkan usaha maksimal yang telah disiapkan oleh tim penyusun borang dapat menghasilkan hasil yang maksimal sesuai harapan universitas.

Sementara itu Dekan FKM UMI Dr R Sudirman, SE MSi mengatakan prodi Kebidanan FKM UMI telah melakukan berbagai persiapan sejak satu tahun yang lalu untuk menjalani proses akreditasi ini. Harapannya program studi kebidanan mendapatkan status dan peringkat akreditasi yang sangat memuaskan.

"Kami telah berupaya keras menunjukkan mutu prodi kebidanan melalui kelengkapan dokumen, peningkatan suasana akademik yang kondusif, serta dukungan pimpinan dan yayasan untuk perkembangan Prodi D III Kebidanan, semoga insya allah dengan kehadiran tim asesor dapat membawa berkah dan kemajuan prodi kebidanan FKM UMI," jelasnya.

Proses akreditasi berlangsung dengan dihadiri oleh pimpinan FKM UMI mulai dari dekan, wakil dekan, kepala program studi kebidanan, sekretaris kepala pusat penjaminan mutu fakultas.

Selain itu, tim asesor juga melakukan wawancara kepada mahasiswa dan alumni prodi kebidanan FKM

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMI, Prof Dr Ir Abdul Makhsud DEA mengatakan bahwa standar akreditasi yang menjadi aspek penilaian selama proses akreditasi oleh LAM PT Kes diantaranya ialah visi misi program, tata kelola termasuk rencana strategis, manajemen dan sumber daya.

Kemudian kemahasiswaan berupa penerimaan, pengembangan karir dan evaluasi, program pendidikan seperti kurikulum dan proses pembelajaran, keuangan dan sarana prasaraba serta pengabdian pada masyarakat,"sebut alumni Fakutas Teknik UMI ini.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024