Unismuh Makassar buka PMB prodi Keperawatan-Kebidanan

id Unismuh Makasar, PMB Unismuh 2019,Calon Maba Unismuh,prodi keperawatan

Unismuh Makassar buka PMB prodi Keperawatan-Kebidanan

Mahasiswa yang tergabung dalam UKM Seni Budaya Talas Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melakukan aksi teatrikal saat memperingati Hari Pendidikan Nasional di depan kampus Unismuh Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (2/5/2019). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.

Makassar (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mulai membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2019 untuk dua prodi terbarunya, yakni Keperawatan dan Kebidanan pada Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan.

"Dua prodi yang baru bergabung pada Fakultas Kedokteran dan ilmu Kesehatan, yakni Keperawatan (D3) dan Kebidanan (D3) tahun ini sudah mulai dibuka di Unismuh Makassar," ungkap Ketua PMB Unismuh Makassar, Dr H Bahrun Amin di Makassar, Selasa (21/5)..

Sesuai kalender akademik dan brosur PMB, jadwal Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2019/2020, pendaftaran jalur prestasi/non tes digelar pada 28 Februari-10 Juli 2019.

Sedangkan pendaftaran jalur tes, dilaksanakan 28 April sampai 31 Agustus 2019. Gladi pesantren 7 September 2019. Sementara pelaksanaan Pesantren Maba, 8-10 September 2019.

"Kita optimis, penerimaan mahasiswa baru Unismuh Makassar tahun ajaran 2019/2020 akan mencapai puncaknya pada gelombang ke-2 pendaftaran yakni pada 25 Mei hingga 6 Juli," kata Bahrun.

Pendaftaran maba tahun 2019 dibagi dalam tiga gelombang. Sebentar lagi, gelombang kedua PMB Unismuh Makassar dimulai 25 Mei-6 Juli 2019 serta gelombang ketiga, 27 Juli-6 September 2019.

Panitia Penerimaan Maba (PMB) 2019 Unismuh Makassar bidang Perlengkapan dan Keamanan, Drs Agus Hidayat menambahkan, rerata pendaftar Unismuh Makassar mencapai 50 calon mahasiswa baru (camaba) perhari. Khususnya sepanjang gelombang pertama pendaftaran mahasiswa baru di 28 Februari sampai 24 Mei 2019.

"Diprediksi selesai lebaran Idul Fitri 1440 H, peminat camaba akan membludak seperti pada tahun-tahun sebelumnya," tandasnya.

Terkait pengukuhan maba dan kuliah umum 11 September 2019 serta Ta’aruf Akademik Fakultas akan dilaksanakan pada 12-17 September 2019.

Agus tidak lupa menyampaikan bahwa bagi pendaftar camaba di Unismuh Makassar harus bisa membaca Al-Quran. Tes baca Al-Quran ini dilakukan setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus usai mengikuti tes one day service (computer).

"Calon mahasiswa baru akan diuji tes baca Al-Quran di ruang PMB oleh panitia," tuturnya.

Hal tersebut berlaku bagi semua calon mahasiswa baru, tanpa membedakan jalur masing-masing. "Apakah itu lewat jalur tes maupun jalur prestasi (non tes) minimal harus bisa baca Al-Quran," ungkapnya.

Unismuh Makassar membina cukup banyak program studi, yakni sebanyak 45 program studi. Dari 45 program studi, tercatat ada lima program yang terakreditasi A, yakni Pendidikan Agama Islam, Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Pendidikan Bahasa Indonesia dan Agribisnis.

Selebihnya hampir semua prodi telah terakreditasi B dan sisanya beberapa prodi baru juga sudah terakreditasi.
Pewarta :
Uploader: Daniel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar