Makassar (Antaranews Sulsel) - Buku digital atau buku eletronik (e-book) melalui "flip book maker" dapat menjadi penunjang bahan ajar MPK Bahasa Indonesia di Fakultas Kedokteran.

"Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sekarang ini menjadi tuntutan untuk mengimbangi kemajuan dalam dunia pendidikan, dan buku digital itu jadi jawabannya," kata Akademisi Universitas Negeri Makassar DR Sitti Rahmawati di Makassar, Sabtu.

Menurut hasil penelitian Rahmawati yang dituangkan dalam desertasinya, buku digital melalui `flip book maker" itu dapat menggantikan buku teks pelajaran yang selama ini masih banyak digunakan.

Dengan penggunaan buku digital ini, lanjut dia, memiliki banyak keunggulan, karena selain dapat menyajikan teks, juga dapat menggunakan gambar bergerak atau animasi.

"Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri, karena banyak materi tidak cukup dijelaskan dengan kalimat atau gambar saja, tetapi membutuhkan tutorial berupa video atau audio," katanya.

Menurut Rahmawati yang menyelesaikan gelar doktornya di Universitas Hasanuddin, keunggulan lainnya buku digital dengan "flip book maker" tersebut selain dapat memuat animasi atau gambar bergerak, juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Fitur-fitur itu di antaranya fitur pencarian, kamus, indeks dan lain-lain. Dengan demikian, jauh lebih kompleks dibandingkan buku teks atau buku cetak pada umumnya.

Mencermati kondisi itu, dia menilai penerapannya sangat cocok untuk pengembangan bahan ajar MPK Bahasa Indonesia di Fakultas Kedokteran yang berbasis pendidikan karakter seperti yang diterapkan di Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024