Unaaha (Antaranews Sulsel) - Sebanyak 3.114 pegawai honerer lingkup pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, mendapat Jaminan Asuransi Sosial BPJS Ketenagakerjaan dari Bank Sultra.

Penyerahan secara simbolis dilakukan bersamaan dengan Rapat Koordinasi Kerja Sama Operasional (KSO) antara BPJS Ketenagakerjaan Kendari bersama Pemda Konawe di Unaaha, Selasa.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sultra, La Uno, mengatakan penyerahan bantuan asuransi ketenagakerjaan kepada pegawai honorer itu diserahkan secara simbolis Bupati Konawe, Kery Konggoasa kepada salah seorang honorer.

Iuran untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan honorer Konawe ditanggung oleh PT Bank Sultra selama tiga bulan yang merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap masyarakat di daerah itu yakni dari Oktober sampai Desember 2017.

"Syukur Alhamdulillah Bank Sultra berinisiatif memberikan dana CSR-nya untuk pegawai non-ASN atau honorer di Konawe, sehingga selama tiga bulan tersebut iurannya asuran ini ditanggung Bank Sultra," katanya.

Dijelaskan, program yang diberikan kepada honorer tersebut hanya untuk jaminan kecelakaaan kerja dan jaminan kematian.

Dikatakan, dana CSR dari Bank Sultra itu hanya bersifat stimulan selama tiga bulan, selanjutnya ditanggung dengan pemerintah setempat.

"Melalui dana stimulan Bank Sultra tersebut, diharapkan ke depannya pemerintah daerah dapat menganggarkan APBD untuk biaya iuran BPJS Ketenagakerjaan demi keberlangsungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pegawai non ASN tersebut untuk tahun 2018.

La Uno menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 109, pegawai non-ASN instansi vetrikal dan pemerintah daerah berhak mendapat jaminan sosial walaupun sebatas pendaftaran kepesertaan.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Pemasaran Bank Sultra, David, dan sejumlah pejabat lingkup Pemkab Konawe.

Pewarta : Suparman
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024