Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

"Sosialisasi ini penting, karena terkait penyelenggaran pendidikan di Sulsel. Sebagai wakil rakyat di DPRD Sulsel wajib untuk menyampaikan kepada para penyelenggara pendidikan di Kabupaten Pinrang," kata Syaharuddin Alrif yang akrab disapa Sahar, melalui siaran persnya diterima, Rabu.

Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel itu mengemukakan, DPRD sudah menetapkan aturan terkait penyelengaraan pendidikan di Sulsel sehingga harapannya harus berjalan sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan dewan sebagai pembuat Perda.

"Aturannya sudah jelas, saya berharap semua berjalan baik sebagaimana aturan yang ada, karena ini adalah hal yang penting dalam menyiapkan generasi kita selanjutnya," papar Sekertaris DPW Partai NasDem Sulsel ini.

Dirinya menyampaikan dihadapan guru saat sosialisasi tersebut di hotel Nirwana Pinrang, akan memperjuangkan hak-hak para guru honorer di Kabupaten Pinrang agar bisa terakomodir.

"Meskipun saya lahir di Sidrap, tapi Pinrang dan Sidrap merupakan daerah yang tak bisa dipisahkan, makanya saya tidak akan membedakan antara guru di Sidrap dan Pinrang untuk memperjuangkan hak kalian," ujarnya dengan nada optimistis.

Diketahui, Perda tentang Penyelenggaraan Pendidikan Sulsel dinobatkan sebagai Perda terbaik nasional. Penobatan tersebut membuat Sulsel berhasil meraih penghargaan Anugerah Nawacita Legislasi dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) pada 2016.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Perda tentang Penyelenggaraan Pendidikan tersebut menjadi bagian dari regulasi mengenai pendidikan sejak tahun 2008.

Pemerintah Provinsi Sulsel bersama kabupaten dan kota telah memberikan perhatian khusus terhadap Pendidikan Gratis dengan dana sharing 40 persen dari provinsi dan 60 persen di kabupaten/kota

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Kepala UPT Dinas Pendidikan Sulsel Kabupaten Pinrang, Ketua IGI Sulsel Wahid Nara, sejumlah Kepala Sekolah, Guru PNS dan Guru Honorer se-Kabupaten Pinrang. 

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024