Makassar (Antaranews Sulsel) - Kedutaan Besar Inggris menawarkan lima poin penting kepada para perguruan tinggi di Indonesia khususnya dalam masalah pengembangan kemaritiman kedepan.

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) Dr Ir Hamzah Yusuf MS di Makassar, Selasa, mengatakan lima poin itu masing-masing kerangka kerja pengembangan keterampilan berbasis pekerjaan maritim dan kerja sama dalam pusat penelitian.

"Selanjutnya keterampilan dan berbagi informasi tentang manajemen pelabuhan, pembuatan dan perbaikan kapal, serta sertifikasi profesional bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi sumber daya manusia yang berkecimpung di sektor maritim," katanya.

PNUP menggelar Seminar Internasional Kemaritiman dengan tema "Peran Pendidikan Tinggi Vokasi dalam Mendukung Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia" di Aula Kampus I PNUP Makassar, Sulawesi Selatan.

Seminar sehari yang terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar Inggris dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari 43 PTN/PTS yang berada di kawasan Indonesia Timur beserta beberapa pihak industri yang terkait dengan kemaritiman.

Kedutaan Besar Inggris sebagai salah satu pemrakarsa seminar internasional kemaritiman menghadirkan dua nara sumber pakar kemaritiman yaitu Angus Ferguson yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kurikulum Keterampilan Maritim Fakultas Ilmu Nautika City of Glasgow College Inggris.

Sedangkan yang satunya yakni David Kelly saat ini menjabat sebagai Direktur Asia Pasifik Institute Marine Engineering, Science, and Technology Singapore.

Dr Hamzah Yusuf dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih atas terpilihnya PNUP sebagai satu dari tiga Politeknik Negeri yang dipilih oleh Kedutaan Besar Inggris bersama Kemenristekdikti untuk menyelenggarakan seminar yang berlevel internasional di bidang kemaritiman.

Dirinya berharap agar dari penyelenggaraan seminar ini nantinya mampu membantu memperkuat kerja sama di bidang kemaritiman sehingga dapat meningkatkan peran pendidikan vokasi seperti PNUP di dunia usaha dan industri maritim yang potensinya sangat besar di Indonesia.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024