Makassar (Antaranews Sulsel) - Puluhan murid sekolah taman kanak-kanak (TK) Metro School Makassar berkunjung ke Kapal Angkatan Laut (KAL) Lantamal VI untuk mengenal dan melihat langsung kapal perang milik TNI AL sebagai sarana edukasi wisata sekolah.

"Atas seizin dari pimpinan kami Pak Danlantamal yang ingin memperkenalkan kapal perang kepada para pelajar ini langsung disambut hangat dan gembira sekolah-sekolah," ujar Kepala Dinas Penerangan Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo di Makassar, Kamis.

Puluhan anak-anak TK begitu antusias untuk mengetahui seluk beluk kapal perang ini. Mereka dan para guru pendamping rata-rata belum pernah berada lebih dekat dengan kapal perang.

Guru dari TK tersebut mengatakan kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat Kapal Perang yang dimiliki Lantamal VI yang selama ini hanya dapat dilihat di koran dan layar televisi saja.

Para murid TK Metro School yang didampingi dan diawasi oleh anggota Dispotmar Lantamal VI tersebut dapat secara langsung naik di kapal perang dan diajak berkeliling ke bagian-bagian KAL Birang I.6-61.

"Mereka tetap didampingi sama anggota dan para guru pendampingnya. Anggota juga menjelaskan fungsi-fungsi dari kapalnya sehingga menjadi sarana belajar sejak usia dini tentang kapal perang," katanya

Beberapa fasilitas dan peralatan yang menjadi perhatian dari anak-anak siswa itu seperti sistem persenjataannya, navigasi dan perlengkapan komunikasinya.

Selain pengenalan kapal, kata Kapten Suparman, pihaknya juga memberikan wawasan kebaharian dan kemaritiman bagi para siswa-siswi bahwa nenek moyang Indonesia adalah pelaut yang mampu menjelajah lautan sampai ke luar wilayah nusantara.

"Untuk tingkat anak-anak play group dan TK, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal angkatan laut ini dimaksudkan sebagai salah satu program tujuan ke tempat-tempat yang bernilai sejarah dan mengandung nilai edukasi," terangnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024