Mamuju (Antaranes Sulsel) - Polda Sulawesi Barat dan pemerintah provinsi beserta sejumlah tokoh pemuda tokoh adat tokoh agama dan tokoh masyarakat menggelar acara deklarasi damai jelang pilkada serentak.

"Menjelang Pilkada serentak yang akan digelar di dua kabupaten, yakni Kabupaten Polewali Mandar dan Mamasa, Deklarasi Pilkada Damai dilaksanakan," kata Kabid Humas AKBP Mashura di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, Kapolda Sulbar Brigjen Baharudin Djafar menggelar deklarasi damai dan silaturahmi dengan para unsur muspida, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat dengan satu tujuan yakni sukseskan pilkada serentak.

Menurut dia, melalui empat Komitmen deklarasi damai, maka seluruh elemen pemerintah dan dan lapisan masyarakat tersebut bersepakat untuk menyukseskan pilkada damai.

"Tentunya melalui peningkatan tali persaudaraan serta persatuan dan kesatuan dalam satu bingkai kerukunan," katanya

Ia menyampaikan adapun isi empat komitmen deklarasi damai diantarany menjadi garda terdepan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menjaga keamanan, ketertiban dan kedamaian kemudian ikut serta menyukseskan terselenggaranya pilkada serentak 2018 dengan aman, damai dan kondusif.

"Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai ajaran agama, budaya dan adat istiadat sebagai kearifan lokal dan senantiasa duduk bersama dan bermusyawarah (Mi'oro Siola) dalam memyelesaikan semua permasalahan di masyarakat demi keberhasilan pembangunan menuju masyarakat malaqbi," katanya.

Kapolda Sulbar mengharapkan momentum ini dimanfaatkan dengan baik untuk membangun kebersamaan dan Netralitas dalam mengawal pilkada yang damai dan demokratis, karena pilkada damai adalah tanggung jawab kita bersama sebagai satu rumpung keluarga. 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024