Makassar  (Antaranews Sulsel) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menunjuk Universitas Muslim Indonesia sebagai tempat pelaksanaan kuliah Umum pada Maret 2018 yang diikuti para pimpinan PTN dan PTS serta mahasiswa dalam lingkup wilayah Kopertis Wilayah IX.

Koordinator Kopertis WIlayah IX Prof Dr Jasruddin MSi di Makassar, Kamis, mengatakan dirinya menyampaikan kepada pihak UMI jika ini sesuai arahan dan rekomendasi Menristek Dikti Prof Dr Mohamad Nasir.

"Bapak Menristek Dikti juga menyampaikan kesiapannya untuk hadir dan membawakan kuliah umum di Makassar nanti," ujarnya.

Dia sudah mengajukan beberapa lokasi alternatif untuk pelaksanaan kuliah umum, namun Menristek Dikti meminta kegiatan kuliah umum ditempatkan di UMI yang merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Wilayah Indonesia Timur.

UMI Makassar, kata dia, sengaja ditunjuk karena tempatnya yang representatif dan strategis. Menteri Mohamad Nasir juga pernah ke kampus tersebut.

"Menristekdikti lalu meminta untuk disampaikan ke Rektor UMI atas kesediaan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan tersebut yang akan dijadwalkan bulan Maret 2018 dan hadir sebagai narasumber Saya sendiri dan Dr Muhaimin Iskandar," katanya.

Dalam kesempatan itu pula, Prof Dr Jasruddin menyampaikan bahwa kunjungan ke UMI selain menyampaikan amanah Menristek Dikti, sekaligus silaturahim ke PTS setelah dilantik sebagai Koordinator Kopertis Wilayah XI pada 15 Januari 2018.

Beberapa program akan dilaksanakan dalam kepemimpinan Jasruddin. Dengan rencana kedatangan Menristek Dikti, Kopertis juga akan menggelar rakerwil yang dibuka Menristek Dikti.

Dia juga berharap PTS di lingkup Kopertis Wilayah IX menjadi PTS yang sehat.

"PTS yang sudah mapan dapat membina PTS yang lain dan saling mendukung. Saat ini eranya meningkatkan kualitas Sebab bila dibandingkan dengan negara-negara tetangga atau negara yang sangat maju, perguruan tingginya yang maju bukan dari PTN tapi PTS. Kita PTS jangan sebatas menonton, tetapi harus menjadi pemain dalam persaingan kelas dunia ini," kata dia.

Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA mengatakan terima kasih dan apresiasi atas amanah yang dipercayakan UMI sebagai tuan rumah.

"Alhamdulillah, tentu kebanggaan bagi kami Menristek memilih UMI sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut dan Insya Allah kami siap untuk menyukseskan amanah yang diberikan kepada kami," katanya.

Menjadi tuan rumah bukan hal yang baru bagi UMI. Beberapa lembaga negara juga telah mempercayakan UMI sebagai tuan rumah dalam semjulah kegiatan dan berkat dukungan semua pihak khususnya civitas akademika UMI semua berjalan lancar.

"Untuk kegiatan kuliah umum dengan tema menyiapkan perguruan tinggi menyongsong Revolusi Industri ke-4, Insya Allah UMI akan membentuk panitia, kolaborasi dengan tim dari Kopertis Wilayah IX," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024