Makassar (Antaranews Sulsel) - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan telah menerima akun media sosial empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur setempat untuk didata dan mengontrol aktivitas kampanye para kandidat.

"Sudah kami terima daftar medsosnya. Ini sesuai dengan aturan dalam pasal 47 PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye. Semua paslon wajib mendaftarkan medsosnya," ujar Kepala Bagian Hukum, Teknis, dan Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang di Makassar, Sabtu.

Aturan tersebut, kata dia, sudah disampaikan kepada pasangan calon maupun tim sukses untuk menyelenggarakan kampanye menggunakan dunia maya dalam meraih simpati masyarakat.

"Jelas ini sudah aturan dan harus dilaksanakan. Tujuannya di daftar agar bisa dipantau konten yang di sampaikan pasangan calon masing-masing serta mengontrol informasi-informasi yang tidak benar atau hoax serta politisasi SARA," ungkap Asrar.

Berdasatkan data diperoleh, khusus di Pilgub Sulsel 2018, empat tim kampanye pasangan calon gubernur telah mendaftarkan akun medsosnya di KPU Sulsel.

Pasangan nomor urut dua, yakni Agus Arifin Nu?mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) diketahui paling banyak menggunakan akun medsos untuk berkampanye.

Pada medsos instagram, pasangan ini menggunakan akun Sulsel_bagus dan akun pribadi agus_a_numan untuk berkampanye. Kemudian di facebook, tim Agus-Tanribali hanya mendaftarkan fanpage bernama Agus Arifin Numang.

Selain itu, tim Agus-Tanribali Lamo juga mendaftarkan akun pesan singkat dan telepone Line @sulsel_bagus beserta akun Youtube Sulsel Bagus dan situs `sulselbagus info? untuk berkampanye. Namun tim pasangan ini malah tidak mendaftarkan akun twitternya ke KPU.

"Karena kami sangat paham bahwa pemilih milenial saat ini sangat banyak di dunia maya atau bermain medsos, sehingga ini diperlukan untuk lebih dekat dengan mereka," ujar Juru Bicara pasangan Agus-TBL, Rizal Syarifuddin.

Sementara pasangan nomor urut satu Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) telah mendaftarkan empat akun medsos di KPU untuk berkampanye.

Medsos tersebut seperti facebook NH-Aziz menggunakan akun Nurdin Halid, di medsos Instagram pasangan NH-Aziz menggunakan akun pribadi @nurdinhalid_nh untuk kampanye. Begitupun di twitter dengan id @NhNurdinhalid. Pasangan ini juga memakai akun Line bernama H.A.M Nurdin Halid.

Untuk pasangan nomor urut empat Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) tim hanya mendaftarkan tiga akun ke KPU agar digunakan untuk berkampanye, seperti akun Panfage Facebook Ichsan Yasin Limpo - IYL, akun twitter @IYasinLimpo dan aku Instagram, Ichsan Yasin Limpo (iyasinlimpo).

Sedangkan pasangan calon nomor urut tiga, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) hanya mendaftarkan dua akun medsosnya kepada KPU.

Liaison Officer (LO) NA-ASS, Izdin Idrus saat dikonfirmasi wartawan menuturkan akun medsos yang didaftarkan untuk kampanye adalah adalah akun @sulseljaya untuk instagram dan fanpage Sulsel Jaya di facebook.

Sedangkan tim pemenangan pasangan nomor urut 4 (empat) Ichsan Yasin Limpo - Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) cuma mendaftarkan tiga akun ke KPU yang digunakan untuk kampanye, masing-masing adalah akun Panfage Facebook Ichsan Yasin Limpo-IYL, akun twitter @IYasinLimpo, dan akun Instagram Ichsan Yasin Limpo (iyasinlimpo).

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024