Jayapura, 15/12 (ANTARA)- Pondok wisata di Pantai Hamadi Jayapura, Papua, hancur berantakan dihantam gelombang pasang yang terjadi selama tiga hari berturut-turut, 11 - 13 Desember 2008.

Tempat-tempat peristirahatan di pantai wisata itu selain rusak berat, ada pula yang terbawa ombak dan tertimbun pasir setinggi dua meter lebih, demikian pantauan ANTARA, Senin.

Selain pondok-pondok wisata, tempat pemakaman umum Kampung Tobati yang berlokasi di Tanjung Pantai Hamadi itu juga rusak parah ,karena bangunan rumah dan nisan di tempat pemakaman tersebut tertutup pasir.

Jalan aspal sepanjang pantai tersebut yang berjarak kurang lebih 30 meter dari bibir pantai juga ikut terendam air laut sehingga sebagian jalan pecah-pecah.

Gelombang pasang yang terjadi secara merata di pantai utara Papua itu juga merusak ratusan rumah penduduk yang bermukim di pesisir pantai, termasuk permukiman penduduk di Keluruhan Hamadi Kodya Jayapura.

Walaupun dalam dua hari terakhir ini tidak terjadi gelombang pasang, namun penduduk yang bermukim di pesisir pantai utara Papua masih tetap waspada, bahkan para nelayan banyak yang memilih tidak melaut karena takut terjadi gelombang pasang.

Sementara Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Jayapura mengimbau penduduk di pantau utara Papua agar tetap waspada karena kemungkinan masih terjadi gelombang pasang dalam beberapa hari ke depan.

***7***
(W002)
(T.W002/B/H009/H009) 15-12-2008 13:43:40


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024