Makassar (Antaranews Sulsel) - Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Nitro Makassar bekerja sama dengan Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia, akan menggelar lokakarya internasional bertema "Problem Solving and Critical Thinking".

Panitia pelaksana yang juga dosen STIM Nitro Dr Rosnaini Daga di Makassar, Kamis, mengatakan, kegiatan yang dikemas dalam Call For Paper Economic dan Business Management ini dirangkaikan juga dengan workshop international.

"Kegiatan sehari ini kita gelar dengan berkerja sama pihak Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia. Beberapa hasil penelitian itu dipresentasikan untuk dibuatkan dalam bentuk jurnal nasional," ujarnya.

Sebanyak 44 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Sulawesi Selatan menyimak paparan narasumber dari Universitas Tun Abdul Razak Malaysia.

Dr Datin Nor Hafizah Binti Ismail dalam pemaparannya juga banyak memberikan metode-metode praktis yang bisa digunakan dalam membuat penelitian.

Proses penyajiannya juga dinilainya sangat menarik karena materinya yang sangat inovatif dan diselingi dengan permainan yang berkaitan dengan bagaimana cara membangun karakter individu dan bekerja secara tim.

"Semua peserta yang hadir merasa sangat puas karena pemaparan dari Ketua STIM Nitro Prof Dr Marzuki DEA, PhD serta Dr Datin Nor Hafizah Binti Ismail itu memberikan wawasan baru bagi peserta," katanya.

Rosnaini juga menyatakan jika dalam workshop itu, para peserta dibagi menjadi empat kelompok. Dua kelompok sumber daya manusia dan pemasaran serta dua kelompok ekonomi dan keuangan yang masing-masing dibagi dalam dua kelas.

Masing-masing peserta diberikan kesempatan selama 30 menit dalam mempresentasekan paper hasil penelitiannya. Dan abstrak hasil penelitian diterbitkan dalam Proceeding National Workshop Economic dan Business Management.

Menurut dia, tujuan dilaksanakannya kegiatan Call For Paper dan Workshop International ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada dosen dan mahaaiswa pasca sarjana untuk mempresentasekan hasil penelitiannya.

"Karena membuat laporan penelitian adalah kewajiban bagi seorang dosen juga menjalankannya adalah salah satu tugas dosen sebagai peneliti," ucapnya.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024