Makassar (Antaranews Sulsel) - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat yang ada di Luwu Raya, Sulawesi Selatan karena tingginya intensitas hujan.

"Untuk d ibeberapa wilayah, hujan masih terjadi dan di wilayah lainnya juga curah hujannya tinggi seperti wilayah Luwu Raya," ujar Kepala Bidang Observasi BMKG IV Makassar, Iksan di Makassar, Jumat.

Ia mengatakn, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir masih berpotensi terjadi hingga beberapa hari ke depan di wilayah Luwu Raya.

Wilayah Luwu Raya sendiri memiliki empat kabupaten dan kota yakni, Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara (Lutra) dan Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Berdasarkan prakiraan yang dikeluarkannya itu, ia menghimbau masyarakat khususnya yang berada di ladang atau tempat terbuka lainnya agar tidak banyak beraktivitas jika petir dan angin kencang terjadi.

Luwu Raya yang masuk wilayah bagian utara Provinsi Sulsel berdasarkan pemetaan itu memang sedang dilanda cuaca tinggi seperti di Kabupaten Tana Toraja dan Enrekang.

Selain di wilayah Luwu Raya, beberapa kabupaten lainnya di Sulsel juga sedang dilanda hujan, namun intensitasnya sudah tidak tinggi lagi seperti yang di Luwu.

Di wilayah Sulsel bagian barat seperti kota Makassar, Kabupaten Maros, Gowa, Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan Takalar juga sedang dilanda hujan.

Sedangkan untuk ketinggian gelombang laut, BBMKG Wilayah IV Makassar mencatat angka 1,25 meter hingga 2,5 meter. Tinggi gelombang juga dianggap masih moderat.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024