Makassar (Antaranews Sulsel) - Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memperkenalkan varian barunya di Makassar, Sulawesi Selatan yakni Tata Ultra 1012 untuk bersaing dengan truk-truk lainnya di kelas yang sama.

"Lima tahun kita eksis di Indonesia dengan jaringan layanan serta purna jual yang semakin luas, kini beberapa varian baru telah kita perkenalkan untuk bermain pada segmen truk ini," ujar Marketing Manager Commercial Vehicles PT TMDI Wilda Bachtiar di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, Tata Ultra 1012, adalah sebuah light truck yang kuat dan menjanjikan biaya total cost of ownership (TCO) terendah di kelasnya. Tata Ultra ini sendiri sudah diperkenalkan pertama kali secara resmi di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016, di Tangerang.

Wilda mengaku jika Tata Ultra sebelum diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2016, sebelumnya telah lebih dari satu tahun melalui masa uji atau setara dengan lebih dari 25.000 kilometer (km) di berbagai kondisi medan jalan di Indonesia.

"Lebih dari setahun dilakukan masa uji untuk jenis Tata Ultra ini. Ini dimaksudkan untuk menguji kekuatannya dan kecocokannya sesuai dengan karakteristik di Indonesia," katanya.

Disebutkannya, sebagai pembuat truk dan bus 10 besar dunia, Tata Motors yakin telah mempersembahkan truk ringan yang kuat, aman, hemat bahan bakar minyak (BBM) dan multi guna untuk pasar Indonesia, melalui Tata Ultra.

Tata Ultra sendiri diyakini akan menjadi aset bisnis yang penting bagi customer Tata Motors dan akan menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif.

"Desain Tata Ultra juga telah disesuaikan dengan perkembangan terkini sesuai kebutuhan konsumen saat ini. Yakni performa yang superior, desain dan kenyamanan kabin kelas dunia, daya angkut yang tinggi serta konfigurasi beban bodi yang beragam. Yang mampu menambah produktifitas usaha dan umur pakai yang lebih lama," terangnya.

Selain itu, Tata Ultra juga menawarkan keunggulan seperti Ultra Versatile, yakni memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri.

Untuk kapasitas angkut Tata Ultra 1012 berkisar antara 4-7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.

Ultra Style, hadir dengan kombinasi antara teknologi terkini dan sosok yang lebih modern. Untuk segala fungsi dan pemakai, Tata Ultra 1012 menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan di Indonesia dengan biaya terendah, keamanan yang baik dan aneka fitur.

"Ini yang penting, Ultra Safe, di mana ini merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan full air brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keamanan mengendara," ujarnya.

Dia menambahkan Tata Ultra juga menyajikan neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Adapun chassis mengunakan teknologi rolled frame dengan material high tensile. (Budi Suyanto)

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024