Makassar (Antaranews Sulsel) - Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Perundang-undangan Sekertariat DPRD Provinsi Sulawesi Selatan bersama jurnalis melakukan kunjungan kerja di DPRD Jawa Barat sebagai bagian dari penguatan kemitraan.

"Kegiatan ini bagian dari program Sekertariat Dewan bidang informasi publikasi dan perundang-undangan untuk menyebarkan sekaligus bertukar informasi kepada masyarakat," papar Kepala Bagian Perundang-undangan dan Informasi DPRD Sulsel, Surya Darma Thomas, Jumat.

Menurutnya, tujuan dari kunjungan kerja tersebut untuk mempelajari hubungan kemitraan sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat dengan media bergitupun sebaliknya. Selain itu, penyebarluasan informasi kepada masyarakat terkait kegiatan dewan di daerah setempat.

Kegiatan pengembangan wawasan berupa penguatan kemitraan dengan media cetak dan elektronik, selain membawa staf sekertariat DPRD Sulsel, sejumlah jurnalis yang berperan sebagai mitra ikut diboyong untuk bersama-sama menjalankan program itu.

"Kunjungan kerja ini penting mengapa, karena peran media juga berkontribusi besar dalam penyebaran informasi kegiatan dewan, sehingga untuk mengetahui sejauh mana penyebaran itu maka dilakukan perbandingan di daerah lain," ungkapnya.

Selain itu tidak hanya belajar melalui kunjungan ke DPRD Jawa Barat, juga menjalin silaturahmi dengan instansi terkait utamanya Sekerariat Dewan yang memiliki kinerja sama, serta ajang tukar pikiran mengenai tupoksi kehumasan masing-masing.

"Mitra kerja kita jurnalis yang bekerja di media cetak, online maupun elektronik. Dengan mengikutkan mereka kita akan mengetahui dan mempelajari hal-hal terbaru di daerah tersebut untuk bisa diaplikasikan di Sulsel, selama hal itu positif," tambahnya.

Tidak hanya jurnalis, staf kehumasan maupun perundang-undangan sekertariat DPRD Sulse yang diikutkan dapat belajar banyak dan menimba ilmu disana, serta menambahkan yang kurang dan membagikan ilmu yang lebih, artinya saling bertukar informasi.

"Kami berharap dengan kegiatan tersebut dapat menyatukan dan saling bersinergi antara bagian humas, perundang-undangan dan jurnalis yang sama-sama berkecimpung dibidang dokumentasi dan publikasi," harap dia. jelasnya.

Sebelumnya, kegiatan ini diisi dengan Bimbingan Teknis menghadirkan narasumber Suwarni Dammar salah satu editor dari Koran Seputar Indonesia di Hotel Tree Makassar untuk membagikan tips dan pembekalan jurnalistik kepada staf sekertariat.

Rencananya kunjungan ke Jawa Barat, pada 16-18 Maret 2018, rombongan akan mendatangi Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat dan melakukan kunjungan media di Kantor Harian Redaksi Pikiran Rakyat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024