Makassar (Antaranews Sulsel) - Mantan Putri Muslimah 2016 yakni Zaitun Hamid Al Hamid dari rumpun Fakultas non Eksakta dan rekannya Jeriko Gormantara dari rumpun eksakta dikukuhkan sebagai wisudawan terbaik pada acara pengukuhan di Unhas Makassar, Selasa.

Zaitun Hamid yang merupakan mahasiswa Ilmu Hukum angkatan 2014 usai pengukuhan di Makassar, mengatakan jika sejak mulai kuliah di Unhas memang telah merencanakan untuk mampu meraih predikat wisudawan terbaik.

"Dari awal saya sudah catat dalam `note planning` hidup saya, jadi wisudawan terbaik. Dengan rencana itu, banyak hal yang harus saya lakukan, saya belajar dengan sungguh-sungguh, aktif di kelas, dan tentunya meminta doa dari orang tua. Dan, saya rasa doa orang tua yang menyebabkan semua ini terwujud," katanya.

Zaitun Hamid menjadi wisuwan terbaik dengan nilai IPK 3.97, lama studi 3 tahun 3 bulan, predikat Cum Laude. Sementara wisudawan terbaik dari rumpun Eksakta Jeriko Gormantara dengan capaian IPK 3.93, lama Studi 3 tahun dan 3 bulan, dan predikat Cum Laude.

Zaitun pernah terpilih menjadi Top 5 dalam ajang Putri Muslimah Indonesia 2016 yang diselenggarakan secara langsung salah satu televisi nasional pada 2016.

Dia juga selalu diundang menjadi Master of Ceremony (MC) di berbagai kegiatan dalam dan luar kampus. Selepas kuliah, Zaitun bercita-cita melanjutkan kuliah S2 ke Universitas Leiden, Belanda.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga berpesan kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan untuk tidak takut salah dalam mengeluarkan pendapat, fokus, dan konsisten dengan waktu.

Sementara itu, menurut Jeriko Gormantara, dirinya tidak menyangka dapat memperoleh predikat wisudawan terbaik tingkat universitas, sebab ada ribuan mahasiswa Unhas yang diwisuda.

"Saat kuliah di semester awal, saya tidak terlalu serius belajar. Tapi saat pertama kali melihat acara wisuda di baruga, saya mulai serius dalam belajar untuk mencapai predikat wisudawan terbaik.Walaupun hanya sebuah impianwaktu itu, tetapi hari ini impian tersebut menjadi kenyataan,? kata Jeriko.

Alumnus jurusan Matematika tersebut Wisudawan yang bercita-cita menjadi dosen ini juga memberi wejangan kepada mahasiswa yang tengah kuliah untuk selalu berusaha dan fokus dengan dengan sebuah impian.

Dari 1.140 yang diwisuda pada periode ini, jumlah lulusan terbanyak berasal dari Fakultas Kedokteran, yaitu sebanyak 256 wisudawan yang terdiri dari 224 jurusan Ilmu Kedokteran, 1 jurusan Fisioterapi, 9 Kedokteran Hewan, dan 22 bidang Psikologi.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024