Makassar (Antaranews Sulsel) - Hivos sebuah organisasi Belanda yang bergerak di bidang energi memberikan penghargaan kepada pemerintah dan Bupati Sinjai karena berkomitmen dalam pengembangan energi terbarukan khususnya biogas.

Penghargaan tersebut diserahkan koordinator Hivos Sea Robert De Groot kepada Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai Akmal MS pada acara Learning Event dan apresiasi terhadap keberhasilan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan 2014-2018 di Makassar, Rabu.

Kegiatan dengan tema "Energi Terbarukan Untuk Kesejahteraan" digelar Hivos dan Yayasan Rumah Energi bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Provincial Coordinator Program Biru Yayasan Rumah Energi St. Farida Razak mengatakan penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten Sinjai karena dinilai memiliki komitmen yang kuat dalam pengembangan energi terbarukan.

Farida menambahkan, hal terlihat ini dari sambutan pemerintah dan masyarakat Sinjai yang luar biasa terhadap berbagai inovasi yang disodorkan.

"Sinjai sangat proaktif mengawal program energi terbarukan baik secara teknis pelaksanaan maupun kebijakan anggaran. Bahkan capaian biogas Sinjai Terbaik di Sulsel," ujarnya.

Sementara itu,  Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sinjai Akmal MS mengatakan Pemkab Sinjai berkomitmen terhadap pengembangan biogas. Untuk anggaran, Sinjai tidak hanya bergantung pada APBD I dan organisasi yang menjadi donatur namun juga menganggarkan melalui APBD II.

"Program ini berjalan sangat baik terutama bagi keluarga tidak mampu, sekaligus juga disosialisasikan secara umum," tutur Akmal.

Selain Kabupaten Sinjai, penghargaan ini juga diberikan kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo,  Bupati Luwu Utara, dan Bupati Pinrang, atas dedikasinya membangun energi terbarukan untuk kesejahteraan masyarakat.

Syahrul Yasin Limpo mengatakan biogas merupakan sebuah inovasi yang mudah, murah, realistis namun jelas manfaatnya, serta tetap menjaga kelestarian lingkungan.

"Hal ini bukan saja menjadi kebutuhan Indonesia namun juga internasional," kata Syahrul.

Pewarta : -
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024