Makassar (Antaranews Sulsel) - Pelaksana tugas Wali Kota Makassar Syamsu Rizal mendukung Komunitas Sepeda Tua (Kostum) Makassar, Sulawesi Selatan dengan melepas peserta touring untuk menghadiri International Veteran Cycle Association (IVCA) dan Kongres Sepeda Tua Se-dunia di Bali 12-16 April 2018.

"Melalui kostum saya titipkan `siri` (malu)` dan harga diri orang Makassar, paentengi siri` nu (jaga harga dirimu). Biar itu sepeda tua, tapi sepeda inilah merupakan awal terbangunnya peradaban di bumi pertiwi ini" ucap Syamsu Rizal di Makassar, Jumat malam.

Menurutnya kotingen Kostum dari Makassar diharapkan mampu membawa nama baik daerah, mengingat Makassar merupakan salah satu kota bersejarah dan punya nilai-nilai budaya yang masih dipertahankan hingga kini.

Selain itu, keberangkatan kontingen Kostum dari Makassar sebagai perwakilan sepeda tua untuk bertemu dengan para pencinta sepeda tua dari seluruh dunia, adalah sebuah amanah dan tentunya menjalin silaturahmi bersama komunitas yang datang dari berbagai negara dan daerah tetap terjaga.

"Saya berharap Kostum bisa membawa nama baik Makassar dalam kegiatan berskala internasioal itu. Harapannya ini bisa menjadi pemicu kecintaan kita terhadap sepeda tua yang semakin punah ditelan jaman, mengingat ada nilai historisnya," tambahnya.

Ketua Umum Kostum pada kesempatan itu menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bergengsi, dan merupakan kesempatan langka bagi Indonesia dan Asia Tenggara.

Bahkan butuh waktu lama baru kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia. Pihaknya berharap akan ada harapan kegiatan yang serupa akan kembali diadakan di Indonesia.

"Momen seperti ini sangat langka dan jarang dilaksanakan di Indonesia karena sifatnya internasional. Tentu tujuan kami ke Bali bukan hanya bersilaturahmi dengan pencinta sepeda tua, tapi nilai-nilai historisnya," ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih serta rasa bangga terhadap Pemerintah Kota Makassar yang memberikan dukungan terhadap Kostum untuk mengikuti event Internasional tersebut.

International Veteran Cycle Association (IVCA) dan Kongres Sepeda Tua Se-dunia di Bali 12-16 April 2018 akan digelar di lapangan Maisonettie jalan Segara Ayu, Grand Inna Bali Beach Hotel dengan biaya admnistrasi Rp25 ribu tiap peserta.

Untuk kontingen Kostum Makassar jumlah peserta yang diberangkatkan sebanyak 21 orang, dengan rincian bersepeda enam orang menggunakan KM Ceremai dan 15 orang lainnya akan menyusul menggunakan pesawat.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024