Makassar (Antaranews Sulsel) - Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Soni Sumarsono menggagas lomba cipta lagu Mars Sulsel yang akan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata Pemprov Sulsel.

"Provinsi ini sudah 348 tahun berdiri, dan sampai saat ini belum memiliki lagu mars, makanya ini kita buat lomba cipta lagu Mars Sulsel," kata Soni di Makassar, Minggu.

Lagu Mars Sulsel hasil lomba itu, kata dia, nantinya akan menjadi lagu resmi yang akan dinyanyikan oleh seluruh instansi dan sekolah di Sulsel pada acara-acara resmi.

"Lagu ini akan menjadi lagu penyemangat," imbuhnya.

Soni mengatakan selain hadiah, nantinya nama pemenang lomba itu, akan diabadikan sebagai pencipta lagu Mars Sulsel melalui Peraturan Gubernur dan akan terus dikenang.

"Pencipta lagu setiap tahun juga akan diundang pada acara ulang tahun Sulsel dan akan duduk pada kursi VVIP," tambahnya.

Karena itu ia menghimbau agar para guru kesenian, seniman, akademisi dan mahasiswa bidang seni dapat memanfaatkan kesempatan tersebut.

Ia mengatakan lomba itu nantinya akan dikoordinir oleh Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo dan Kepala Dinas Pariwisata Sulsel Musaffar. Pemenang lomba diharapkan sudah dapat diperoleh pada 2 Mei mendatang bertepatan dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional.

"Kalau bisa tanggal 2 Mei sudah kita nyanyikan dan sosialisasikan," katanya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024