Mamuju (Antaranews Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan mendorong industri kemaritiman sebagai upaya membangun sektor kelautan dan perikanan di daerah itu.

"Ke depan Sulbar diharapkan dapat membangun dan mengembangkan industri kemaritiman yakni pembuatan kapal nelayan, memberikan bantuan alat tangkap ikan dan menyediakan pabrik es," kata Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Selasa.

"Ini yang harus dikembangkan ke depan pada generasi kita karena nenek moyang kita terkenal sebagai pelaut sehingga kita harus bisa membuat kapal sendiri," ucapnya.

Selain sektor perikanan dan kelautan melalui pengembangan industri kemaritiman, dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penurunan angka kemiskinan, Sulbar juga akan membangun sektor pendidikan dan kebudayaan, kesehatan, pertanian, ekonomi, infrastruktur dan industri.

Pada sektor pendidikan dan kebudayaan, kata dia, perlu ada penerapan kurikulum yang baik dalam membangun inovasi agar proses belajar mengajar lebih berkualitas.

"Mutu pendidikan perlu ditingkatkan agar siswa dapat berinovasi dan kesejahteraan guru perlu juga kita perhatikan," ujar Ali Baal.

Sementara pada sektor kebudayaan, potensi Sulbar yang memiliki beragam budaya menjadi potensi dan perlu didorong agar berkembang.

"Kebudayaan dan pariwisata sangat erat kaitannya sehingga perlu dibangun dan kembangkan setiap potensi itu," tuturnya.

Pada sektor ekonomi, dengan menjamim rasa keadilan bagi masyarakat di Sulbar, dapat pula meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan.

"Kami akan membina masyarakat Sulbar dan memberikan mereka kesempatan untuk berbuat agar memperoleh pekerjaan, salah satunya upaya membuat program yang membutuhkan banyak pekerja," terang Ali Baal.
 
 

Pewarta : Amirullah
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024