Mamuju (ANTARA Sulsel) - Dalam waktu tidak lama lagi, pesawat Boeing 737 seri 200 dipastikan akan masuk di Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

"Pekan ini Pesawat BoEing 737 akan melakukan tes leanding di Bandara Tampa padang," kata Sekretaris Provinsi Sulbar, H. Arsyad Hafid, di Mamuju, Rabu.

Menurutnya, pesawat tersebut sekaligus akan mengangkut Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Mamuju yang tergabung dalam kloter 35 sebanyak 382 CJH untuk menuju embarkasi Hasanuddin, Makassar pada tanggal 17 November 2009 mendatang. "Pesawat ini sengaja didatangkan untuk mengangkut CJH menuju embarkasi Hasanuddin sebelum menuju Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda," imbuhnya.

Ia berharap, perluasan Bandara Tampa Padang yang hingga saat ini sedang dikerjakan dapat segera rampung sebelum uji coba tes tinggal landas dilaksanakan.

Dikatakannya, selain untuk mengangkut CJH, pesawat tersebut juga akan mulai beroperasi untuk mengangkut penumpang lain yang ingin bepergian dengan rute Mamuju-Jakarta. "Pasca pengangkutan CJH, pesawat ini pun akan tetap beroperasi di Bandara Tampa Padang," tuturnya.

Ia berharap, dengan akan beroperasinya BoEing 737 tersebut, paling tidak, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang hendak bepergian dengan menggunkan jasa penerbangan tersebut.

"Jika selama ini kita harus transit di Makassar dengan menggunakan pesawat Pelita Air atau Exspress Air, maka dalam bulan pesawat Boeing itu akan melakukan rute penerbangan langsung menuju ibokota Jakarta," kata dia.

Hal senada dikatakan, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Sulbar, H.M.Thamrin Syakur, bahwa, dapat dipastikan pesawat Boeing 737 itu akan segera melakukan uji landasan bandara Tampa Padang pada 8 November ini.

"Jika tak ada aral melintang, pesawat Boeing 737 akan melakukan uji leanding di Bandara Tampa Padang," kata dia.

Ia mengatakan, kekhwatiran semua orang akan belum rampungnya perluasan Bandara sudah tidak menjadi soal. "Perluasan Bandara dengan panjang 2040 meter dengan lebar 30 meter sudah dapat didarati untuk jenis Boeing 737, sekaligus untuk mengangkut CJH asal Mamuju," tandasnya.

(T.PSO-104/S006)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024