Makassar (Antaranews Sulsel) - Telkomsel Wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan (Pamasuka) menyiapkan sebanyak 8.929 base transceiver station (BTS) 4G untuk memastikan kesiapan jaringan mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama bulan puasa dan Lebaran 2018.

"Melalui momen ini, Telkomsel meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis dan pusat-pusat keramaian, serta menyiapkan layanan terlengkap untuk memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi," kata Executive Vice President Area Pamasuka Ronny Arnaz di sela berbuka puasa di Baruga Telkomsel Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Selain meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik, lanjut dia, juga peningkatan kapasitas jaringan sebagai antisipasi lonjakan trafik yang diperkirakan akan naik signifikan sekitar 38 persen dari trafik pada hari biasa.

Untuk itu, Telkomsel Wilayah Pamasuka mengoperasikan sebanyak 8.829 BTS 4G, termasuk 632 BTS 4G yang mendukung frekuensi 2.300 MHz. Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan?18 BTS mobile (Combat) yang dipasang di titik-titik utama, yaitu di jalur mudik, lokasi tujuan, dan tempat ibadah.

Guna mengantisipasi kebutuhan komunikasi pelanggan tetap terjaga, kata Arnaz, Telkomsel memberikan pelayanan maksimal selama bulan puasa dan menjelang Lebaran dengan menghadirkan 179?point of interest (POI) di seluruh area Pamasuka.

Sebagai titik konsentrasi terdiri atas 63 posko Kalimantan, 67 posko di Sulawesi, dan 49 posko di Papua Maluku.?Selain itu, lima lokasi yang menjadi fokus utama, yakni Makassar Trade Centre, Pelabuhan Sorong, Bandara Syamsuddin Noer Banjarmasin, Duta Mall Banjarmasin, dan Bandara Internasional Hasanuddin di Makassar-Maros.

Sejumlah titik strategis yang tahun lalu belum menjadi prioritas pengamanan jaringan, lanjut dia, pada tahun ini menjadi titik konsentrasi Telkomsel, yakni Pelabuhan Ferri Ternate, Pasar Kahayan Palangkaraya, dan Masjid Raya Sorong.

Bahkan, setiap posko Telkomsel memberikan layanan penjualan perdana, recharge, promo paket data internet, VAS (NSP+konten), HP Bundling, dan penukaran kartu 4G. Ke semua posko tersebut mulai beroperasi sejak H-7 hingga H+7 Lebaran 2018.

Untuk seluruh channel pelayanan Telkomsel, kata Arnaz, juga difungsikan selama bulan puasa dan Lebaran. Telkomsel memiliki 101 kantor layanan Grapari dan Grapari Kios yang di dalamnya termasuk 40 my graPARI (ATM), 208 mobile grapari, 1.072 outlet siaga, dan 16 posko network yang tersebar di wilayah Pamasuka.

"Layanan ini untuk memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi, Telkomsel menyiagakan lebih dari 856 agen call centre yang siap membantu melalui layanan Call Centre 188," katanya.

Khusus pada tanggal 15 s.d. 16 Juni 2018, Telkomsel menyiagakan delapan kantor layanan yang tetap beroperasi pada hari Lebaran, seperti Shop Balikpapan, GraPARI Mitra Kota Baru, Shop Makassar, Shop Manado Mantos, GraPARI Mitra Mall Panakukang, GraPARI Mitra Mall MTC Karebosi, GraPARI Jayapura, dan GraPARI Ambon.

Untuk layanan tersebut, pihaknya membuka jam layanan mulai pukul 10.00 hingga 15.00 waktu setempat. Khusus di mal, jam layanan menyesuaikan dengan jam layanan mal.

Dari sisi loyalti kepada pelanggan, Telkomsel juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya dengan menggelar "Ramadhan Fair" di tiga kota besar di seluruh Area Pamasuka, yaitu Makassar, Banjarmasin, dan Ambon. Telkomsel menyediakan? produk dan layanan Telkomsel terkini dengan harga spesial lebaran.

Untuk di Makassar, acara tersebut dilaksanakan di Trans Mall mulai 1 hingga 3 Juni 2018. Event yang dilaksanakan selama 3 hari ini memberikan banyak penawaran menarik.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024