Mamuju (Antaranews Sulsel) - Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Sulawesi Barat yang telah melakukan pendaftaran di KPU Sulbar bertambah menjadi 37 orang.

"Setelah gugatan calon anggota DPD Sulbar masing masing Mulyana Isham dan Ilman Murgan diterima Bawaslu Sulbar, dan kedua calon tersebut memasukkan berkas pendaftaran ke KPU Sulbar, maka calon anggota DPD Sulbar bertambah menjadi 37 orang," kata Ketua KPU Sulbar, Rustang di Mamuju, Selasa.

Sebelumnya berkas pendaftaran kedua calon DPD tersebut ditolak KPU Sulbar karena dianggap tidak memenuhi syarat sehingga keduanya menggugat ke Bawaslu Sulbar dan gugatannya diterima.

Sehingga kedua calon DPD Sulbar tersebut telah diminta untuk memasukkan kembali berkasnya ke KPU Sulbar untuk selanjutnya dilakukan verifikasi faktual.

Ia mengatakan, KPU Sulbar juga segera melakukan rapat pleno sebagai tindak lanjut putusan Bawaslu Sulbar untuk menetapkan berkas pendaftaran dua calon DPD Sulbar yakni Mulyana Isham dan Ilman Murgan tersebut.

Ketua KPU Sulbar mengatakan, pendaftaran dan verifikasi calon DPD telah berlangsung sejak diumumkannya penyerahan syarat dukungan 26 Maret-26 April 2018, dan saat ini sedang berlangsung verifikasi faktual terhadap 35 calon DPD peserta Pemilu sampai tanggal 19 Juni 2018.

"Ini bagian dari komitmen kita terhadap upaya mewujudkan Pemilu 2019 yang berkualitas dan berintegritas, meski yang lain sedang cuti tetapi KPU tetap bekerja dalam melayani peserta Pemilu sesuai tahapan yang ada," ujarnya.

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Provinsi Sulbar, Adi Arwan Alimin, dalam tahapan di Pemilu mengenal istilah hari kerja sesuai hari kalender, ketentuan ini mengharuskan jajaran KPU tetap bekerja meski instansi lainnya sedang cuti bersama.

"Inilah bagian dari seni pekerjaan para penyelenggara pemilu tahapan penetapan Daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu 2019 pun akan berlangsung 15 sampai 17 Juni di kabupaten, sebagian teman-teman akan memilih tanggal 17 itu untuk penetapan DPS, karena libur lebaran," ujarnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024